Review Aplikasi Lightroom Mod

Review Aplikasi Lightroom Mod Secara Lengkap!

Aplikasi Lightroom Mod adalah aplikasi edit foto yang sudah banyak digunakan sebelumnya. Mengapa? Karena aplikasi ini dapat mengolah dan mengedit foto yang kurang indah menjadi sebuah foto yang sangat profesional. Hal ini disebabkan oleh banyaknya fitur-fitur yang dimiliki oleh Lightroom versi yang Mod ini dapat menunjang hasil editing foto menjadi lebih profesional.

Bahkan saat ini, Lightroom mod telah menghadirkan ratusan bahkan ribuan preset yang memiliki kualitas yang tidak bisa dipandang remeh. Hasil dari penggunaan preset tersebut dapat mengubah atau mengedit foto pengguna secara instan. Dengan adanya berbagai pilihan preset tersebut pengguna dapat menyesuaikan hasil edit foto yang mana yang sekiranya cocok dengan fotonya.

Tak heran apabila telah banyak pengguna yang merasa terbantu dari kinerja aplikasi editing foto ini. Jika disandingkan dengan aplikasi edit foto lainnya, Lightroom Mod ini lebih mempunyai banyak keunggulan. Salah satu yang paling menonjol dari keunggulan tersebut yakni pada sistem pengoperasian yang mudah dan ringan, sehingga bisa digunakan di semua jenis smartphone. Berikut review aplikasi lightroom mod:

Review Aplikasi Lightroom ModReview Aplikasi Lightroom Mod

Segudang kelebihan aplikasi ini telah memabukkan penggunanya untuk terus menggunakan aplikasi editing foto ini. Mengapa bisa seperti itu? Karena aplikasi ini tidak hanya bisa memodifikasi warna pada foto saja. Meningkatkan kecerahan dan ketajaman objek pada foto juga bisa dilakukan oleh aplikasi tersebut. Adapun kelebihan dari aplikasi Lightroom Mod secara rinci yaitu:

1. Tanpa Iklan

Pada beberapa aplikasi edit foto yang lain, penampilan iklan pada penggunaan aplikasi tentu sudah wajar terjadi. Meskipun aplikasi tersebut sudah premium terkadang masih ada satu dua iklan yang muncul dalam aplikasi tersebut. Sedangkan untuk aplikasi Lightroom Mod ini tidak akan menampilkan satu iklan pun ketika memakai aplikasi tersebut.

Untuk menggunakan aplikasi Lightroom versi mod ini, pengguna harus menjadi member premium terlebih dahulu. Sehingga, pengguna harus membayar sejumlah biaya untuk dapat menikmati pelayanan dari fitur yang telah disediakan oleh aplikasi ini. Untuk sistem pembayarannya bisa menggunakan pulsa atau melalui kartu kredit pengguna secara langsung.

2. Full Preset

Pada aplikasi original dari Lightroom ini penyediaan preset tidak sebanyak dari aplikasi Lightroom yang versi mod ini. Dengan pemakaian versi premium pada mod ini tentu pengguna mendapatkan seluruh preset yang telah disediakan. Sehingga, pengguna pun dapat lebih berkreasi untuk memakainya dan merubah foto menjadi lebih menarik dan indah.

Preset yang disediakan oleh Lightroom untuk versi mod ini juga dapat digunakan dengan mudah oleh semua pengguna. Adapun cara yang bisa dilakukan untuk menggunakan preset dari Lightroom versi mod ini yaitu:

  • Buka aplikasi Lightroom versi mod. Sebelum membuka aplikasi ini pastikan perangkat pengguna telah terhubung ke internet dengan jaringan yang stabil.
  • Pilih foto yang akan diperbaiki. Masukkan foto yang akan diedit dengan menekan tombol tambah pada halaman utama di aplikasi ini. Kemudian cari foto yang akan diperbaiki dan klik centang.
  • Pilih preset yang sesuai dengan keinginan. Untuk penggunaan preset, pengguna dapt menuju pada fitur preset. Di sana pengguna dapat memilih preset mana saja yang sesuai dengan keinginan dari hasil foto yang telah diedit nantinya. Pengguna hanya tinggal sekali klik pada preset tersebut, maka otomatis foto akan teredit dengan sendirinya sesuai preset tadi.
  • Klik tombol simpan. Dan foto yang tersimpan akan otomatis tersimpan juga pada galeri ponsel pengguna.

Ribuan preset yang telah disediakan oleh pihak Lightroom versi mod ini dapat digunakan secara bebas. Sehingga, diharapkan dapat membantu para editor atau pengguna awam yang menginginkan hasil foto yang tampak lebih indah dan professional.

3. Membuat Custom Preset Sendiri

Jika pengguna ingin membuat preset sendiri, pada Lightroom ini bisa melayani keinginan tersebut. Pada Lightroom versi mod pengguna hanya tinggal mengatur rumus-rumus editing, seperti kecerahan, ketajaman, kontras warna, dsb. Jika dirasa sudah sesuai dengan hasil yang diinginkan, tinggal klik simpan preset. Setelah itu, preset tersebut akan tampil di menu preset pada aplikasi tersebut.

Untuk mengatur rumus-rumus editing tersebut, pengguna dapat melihat tutorial di berbagai media sosial. Dari beberapa media tersebut dapat mengajarkan pengguna untuk lebih berkreasi dalam membuat preset yang sesuai keinginan.

4. Tambahkan Watermark

Watermark atau tanda air juga ditambahkan pada penggunaan Lightroom mod ini. Dengan penambahan tanda air dapat memberikan sebuah tanda atau ciri khas dari hasil karya yang telah dibuat. Dengan begitu, foto tersebut aka naman dari kegiatan pencurian atau pengakuan foto oleh orang lain.

Hal ini pun dapat menjadi kegiatan promosi secara tidak langsung. Mengapa seperti itu? Karena jika hasil edit foto dapat memuaskan pelanggannya dan pasti ada orang lain yang tertarik dengan hasil tersebut. Sehingga, orang-orang tersebut dapat mengenali editor tersebut dan meminta bantuan jasa edit foto dari sang editor tadi.

5. Ekspor Ke Format Full HD

Setelah penyelesaian proses editing, seorang editor dapat menyimpan hasil foto tersebut dengan format HD. Dengan begitu hasil foto akan nampak lebih jernih. Editor harus mengekspor hasil foto dengan resolusi yang paling tinggi agar jika dilihat dari berbagai device, kualitas gambar tidak buram.

Untuk resolusi di Lightroom versi mod ini tidak ada batasannya. Sehingga, pengguna dapat memperkirakan sendiri berapa besaran resolusi yang diinginkan. Namun, perlu diingat dengan resolusi yang besar maka akan membuat ukuran dari gambar tersebut juga akan menjadi lebih besar.

Kekurangan dari Aplikasi Lightroom Mod

Kekurangan Aplikasi Lightroom Mod

Dari penjelasan sebelumnya, terlihat jelas bahwa aplikasi Lightroom yang versi mod ini memiliki segudang kelebihan. Hanya saja, setiap sesuatu yang mempunyai kelebihan atau keunggulan pasti memiliki kekurangan juga. Adapun kekurangan yang terdapat pada aplikasi Lightroom versi mod ini yaitu:

1. Fitur yang Kalah Saing Dengan Photoshop Mobile

Aplikasi Lightroom dan Photoshop ini merupakan aplikasi edit foto yang dikeluarkan oleh perusahaan software komputer yaitu Adobe. Dalam perlengkapan fitur yang dimiliki, Lightroom masih kalah jauh dengan Photoshop Express ini. Banyak dari editor foto yang mengatakan bahwa fitur yang ada di Lightroom tidak selengkap fitur di Photoshop.

Memang Lightroom pada dasarnya dibuat untuk membantu editor foto pemula atau orang awam untuk memperindah fotonya. Sehingga, fitur yang dimiliki pun hanya sekedar fitur basic hingga premium saja, bukan fitur yang high-pro. Akan tetapi keramahan dari pemakaian fitur ini menjadi poin tambah dari aplikasi Lightroom tersebut.

2. Harga Berlangganan Relatif Mahal

Segudang keunggulan yang diberikan oleh Lightroom ini telah membius editor pemula dalam hal editing foto. Fitur yang mudah pengaplikasiannya pun menjadi poin tambah. Hanya saja, dalam mode berlangganan pada Lightroom ini harganya relatif mahal, khususnya untuk Lightroom versi mobile. Jumlah besaran yang harus dibayarkan yakni sebanyak Rp60.000/bulan.

Bagi Sebagian orang jumlah tersebut terlihat kecil jika memandang dari keunggulan yang diberikan oleh aplikasi ini. Apalagi jika mode berlangganan ini dimanfaatkan sebagai usaha atau bisnis dalam jasa edit foto. Tentu harga tersebut bukan menjadi persoalan yang serius lagi.

Fitur Keunggulan Aplikasi Lightroom Mod

Fitur Aplikasi Lightroom Mod

Setiap aplikasi tentu memiliki fitur-fitur yang diunggulkan. Tidak terkecuali, aplikasi Lightroom mod ini. Ada beberapa fitur yang menjadi keunggulan dan kebanggan dari aplikasi Lightroom versi mod. Apa saja kah itu? Berikut fitur keunggulan yang dimilikinya yaitu :

1. Cloud Storage 100GB

Tentu setiap editor merasakan bahwa ketika mengedit foto atau gambar melalui perangkat seluler tentu akan memiliki keterbatasan ruang gerak. Hal ini dikarenakan ukuran layar yang relatif kecil. Dimana nanti bisa menyulitkan saat mengedit foto dengan intensitas cahaya yang rendah dan terkadang noise yang berukuran kecil tidak terlihat.

Dengan menggunakan aplikasi Lightroom mod ini, editor bisa memulai mengedit foto di smartphone miliknya. Kemudian melakukan penyelesaian proses edit tersebut melalui laptop atau tablet. Hal ini bisa dilakukan karena setiap foto yang diedit di aplikasi ini akan ter-import secara otomatis ke cloud storage yang berkapasitas 100 GB. Dengan begitu editor bisa melanjutkan proses editnya di perangkat lain.

2. Perspective

Ketika seorang fotografer memotret foto arsitektur dengan menggunakan lensa wide angle, maka akan menampilkan efek agak miring pada hasil foto. Dengan menggunakan fitur perspective pada aplikasi ini, editor dapat memperbaiki letak tersebut dan merubahnya menjadi letak yang diinginkan.

Untuk melakukan perubahan letak tersebut dapat dilakukan 3600. Upaya memperbaiki perspektif ini bisa meluruskan objek pada gambar secara horizontal atau vertikal. Sang editor hanya perlu mengatur nya pada skala yang ditampilkan pada fitur ini.

3. Selective Adjustment

Terkadang terdapat sebagian orang yang ingin mengedit sebagian dari suatu foto. Contohnya, jika pengguna ingin merubah atau mengganti background dari foto.  Aplikasi Lightroom versi mod ini bisa melakukannya dengan mudah melalui fitur selective adjustment ini.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Hanya memerlukan tiga langkah untuk menyelesaikannya. Adapun langkah tersebut diantaranya:

  • Melakukan seleksi area yang akan diperbaiki atau diganti.
  • Pilih brush dan pengguna bisa mencoret bagian yang ingin diperbaiki tadi.
  • Setelah muncul gradien linier yang berupa garis, pengguna tinggal mengganti objek tersebut menjadi seperti yang diinginkan.

4. Edit Foto Raw

Pada fitur ini, editor bisa memilih color depth atau bit depth sesuai dengan yang diinginkan. Biasanya ini digunakan jika ingin menerangkan objek yang sebelumnya memiliki intensitas warna yang gelap atau kurang menarik.

Caranya pun cukup mudah, yakni cukup menekan tab color  dan editor dapat mengatur seluruhnya pada fitur ini. Hanya saja, terdapat satu catatan sebelum menggunakan fitur ini. Apakah itu? Untuk file dengan format jpeg tidak bisa melakukan perubahan white balance lebih tinggi dari rentang temp sebesar 100 saja.

5. Healing Brush

Terkadang saat fotografer memotret suatu objek di alam terbuka, akan terdapat beberapa elemen yang dapat mengganggu keindahan foto. Dengan menggunakan fitur ini, elemen tersebut dapat dihapus secara mudah. Dan hasil dari penghapusan elemen tersebut tidak akan menampakkan jejak sedikit pun.

Cara Mengunduh Aplikasi Lightroom Mod

Cara Unduh Lightroom Mod

Review Aplikasi Lightroom ini telah terbukti membantu para editor untuk menyelesaikan dan mempermudah pekerjaannya dalam hal mengedit foto. Sehingga, wajar saja jika banyak orang yang ingin mengunduh dan memakai aplikasi ini. Apa saja sih yang harus dilakukan? Berikut ini langkah-langkahnya yaitu:

  • Buka Play Store dan ketik di kolom pencarian “Lightroom Mod Apk”
  • Unduh dan instal aplikasi tersebut
  • Log In dengan identitas pemilik yang tepat. Jika belum memiliki akun pada aplikasi ini bisa memilih Sign In terlebih dahulu.
  • Tetapkan proses atau cara pembayaran
  • Tunggu konfirmasi dari pihak Lightroom. Setelah pendaftaran dikonfirmasi, maka aplikasi ini sudah bisa digunakan.

Dari review aplikasi Lightroom Mod ini telah memiliki berbagai kelebihan dan keunggulannya. Sehingga, sudah ribuan orang yang telah memakai pelayanan yang diberikan dari aplikasi Lightroom versi mod ini. Meskipun, terdapat beberapa kekurangan yang dimiliki aplikasi ini, tidak membuat pencinta aplikasi Lightroom berpindah ke lain hati.

 

5/5 - (371 votes)

Leave a Comment