Cara Transfer Pulsa Telkomsel

Adanya layanan transfer pulsa menjadi salah satu bantuan di saat kebutuhan mendesak. Demikian halnya dengan mengetahui cara transfer pulsa Telkomsel ke Indosat, supaya dapat membantu ketika kehabisan pulsa atau paket data internet dengan operator yang berbeda. Cara ini bisa dilakukan untuk membantu siapapun, seperti teman atau kerabat yang mengalami keadaan darurat kuota.

Seperti diketahui, Telkomsel merupakan provider dengan pelanggan terbanyak di Indonesia. Namun demikian, persaingan dengan provider yang lain juga tak kalah dinamis. Adakalanya operator nasional ini kalah dari segi harga, meskipun memiliki coverage area yang jauh lebih luas hingga ke pedalaman.

Di tengah persaingan tersebut, bukan tidak mungkin antar operator membuka kemudahan dengan layanan transfer pulsa. Selain memudahkan satu sama lain, hal ini bisa menjadi antisipasi manakala jaringan salah satu operator sedang down, maupun ketika sinyal tidak menjangkau dengan baik di daerah tersebut.

Cara Transfer Pulsa Telkomsel

Kemudahan layanan Telkomsel bagi pelanggannya, ditunjukkan dengan berbagai cara yang bisa dipilih dan dilakukan untuk melakukan transfer pulsa. Berikut adalah cara-cara transfer pulsa bagi para pengguna operator Telkomsel:

1. Transfer Pulsa Lewat *858*

Transfer Pulsa USSD

Transfer pulsa beda operator ini, pertama, dapat dilakukan dengan menggunakan panggilan USSD. Kemudahan yang dilakukan pada cara  transfer pulsa Telkomsel ke Indosat ini, seperti halnya ketika hendak melakukan pengecekan pulsa atau kuota Telkomsel. Pelanggan hanya tinggal mengetukkan tiga angka di papan HP seperti hendak melakukan panggilan telepon.

Ketika hendak melakukan panggilan USSD untuk mengecek pulsa atau kuota Telkomsel, nomor yang dituju adalah 888. Namun untuk melakukan transfer pulsa, ketikkan *858* lalu lanjutkan dengan ‘OK’ atau lambang telepon warna hijau. Setelah itu, menu USSD akan menunjukkan langkah berikutnya yang dapat diikuti dengan mudah.

Selain melalui panggilan tersebut, pengguna operator Telkomsel dapat pula mengetikkan cara transfer pulsa Telkomsel ke Indosat yang lebih mudah yaitu ketikkan *858*, diikuti nomor handphone tujuan transfer, tanda bintang kembali, dan nominal transfer, lalu akhiri dengan tanda pagar. Misalnya, USSD yang diketik adalah *858*087654321*10000#, maka pengirim tersebut mentransfer ke nomor tersebut pulsa sebanyak 10 ribu rupiah.

Penting untuk diperhatikan adalah memastikan nomor tujuan transfer telah diketik dengan benar. Selain itu, pastikan nominal transfer tidak melebihi jumlah pulsa yang dimiliki. Jika semua sudah sesuai, lanjutkan dengan menekan ‘OK’ atau lambang telepon hijau, maka proses transfer pulsa akan dijalankan. Pengirim akan diminta untuk melakukan konfirmasi agar pulsa berhasil terkirim.

Setelah konfirmasi, maka pulsa otomatis akan terpotong dan terkirim ke nomor tujuan yang diinginkan. Pengirim bisa segera melakukan konfirmasi kepada penerima terkait pengiriman ini, karena bisa saja terjadi kendala di jaringan sehingga menghambat proses pengiriman pulsa. Namun demikian, biasanya proses pengiriman ini tidak akan memakan waktu lama.

2. Gunakan SMS Transfer

Selain menggunakan cara di atas, ada pula layanan SMS yang bisa dilakukan sebagai cara transfer pulsa Telkomsel ke Indosat. Penggunaan SMS sebagai salah satu layanan transfer pulsa ini dilakukan dengan mengetikkan ‘TPULSA’, dan dapat digunakan untuk melakukan transfer ke berbagai provider. Bukan hanya Indosat, tetapi juga ke Tri maupun ke sesama Telkomsel.

Menggunakan layanan SMS ini juga sangat mudah. Pengirim hanya tinggal mengetikkan TPULSA, diikuti dengan spasi dan nominal yang akan ditransfer. Kirimkan pesan tersebut ke nomor tujuan yang akan diisi atau ditransfer pulsa. Dengan demikian, secara otomatis pulsa akan terkirim ke nomor tersebut sebesar yang dituliskan.

Misalnya pengirim mengetikkan pesan ‘TPULSA 20000’ ke nomor ‘0890987678’, maka pulsa pengirim akan terpotong 20 ribu rupiah dan terkirim ke nomor tersebut. Pastikan nomor tujuan sudah benar, demikian halnya nominal pulsa yang akan dikirimkan.

Pengiriman pulsa menggunakan layanan SMS ini tentu saja membutuhkan biaya tambahan untuk berkirim SMS. Besarnya biaya SMS kembali kepada produk yang digunakan. Maka, sebelum melakukan transaksi, pastikan pulsa pengirim mencukupi untuk transfer maupun untuk dipotong biaya SMS.

3. Transfer dengan Kode UMB

Mirip seperti penggunaan kode USSD, langkah berikutnya sebagai cara transfer pulsa Telkomsel ke Indosat dapat juga menggunakan kode UMB *858#. Lakukan panggilan ke nomor tersebut, selanjutnya akan ada panduan langkah yang harus diikuti dengan mudah. Tekan angka 1 guna menjawab menu balasan dari USSD tersebut.

Langkah berikutnya akan ada tampilan menu transfer pulsa. Pengirim dapat melanjutkan dengan memasukkan nominal yang akan ditransfer dan nomor tujuan yang akan menerima pulsa tersebut. Lanjutkan dengan menekan tombol ‘OK’, maka proses transfer akan dilanjutkan.

Pengirim dapat melakukan pengecekan pulsa, karena sudah otomatis akan terpotong dan terkirim ke nomor tujuan. Pengirim tidak perlu khawatir dengan layanan ini, karena akan selalu ada email konfirmasi untuk pengirim.

4. Transfer Melalui MyTelkomsel

Tranfer Pulsa MyTelkomsel

Cara lain yang bisa digunakan untuk melakukan transfer pulsa kepada pemilik nomor lain adalah dengan aplikasi MyTelkomsel. Aplikasi ini bisa dengan mudah diunduh di HP, masuk ke aplikasi dan akan terlihat sisa kuota, sisa pulsa, dan juga beberapa menu untuk melakukan pengiriman pulsa atau kuota.

Setelah memastikan aplikasi MyTelkomsel terunduh dan terpasang di HP, pastikan juga ada jaringan internet yang baik untuk melanjutkan transaksi ini. Akses masuk, lalu cari menu ‘hadiah’ atau ‘gift’ pada aplikasi tersebut. Menu tersebut akan sangat mudah diikuti oleh pelanggan.

Langkah berikutnya adalah, masukkan nomor tujuan yang diinginkan. Pastikan nomor tujuan ini sudah benar dan terketik dengan tepat. Hal itu karena pengiriman pulsa atau kuota tidak bisa ditarik kembali jika terjadi kesalahan kirim.

Lanjutkan dengan mengetuk ‘transfer pulsa’ atau ‘credit transfer’. Pada langkah ini, pelanggan akan diminta pilihan apakah akan mentransfer pulsa dengan metode pembayaran tertentu, atau dengan memotong pulsa yang ada. Itulah sebabnya, penting untuk memasukkan nomor tujuan serta nominal yang jelas dan benar.

Jika sudah memasukkan metode pembayaran yang dikehendaki, maka aka nada notifikasi berupa kode OTP yang dikirimkan via SMS. Gunakan kode tersebut untuk melanjutkan transaksi, yaitu pada saat mengkonfirmasi pengiriman sejumlah pulsa ke nomor yang dituju.

Jika pulsa sudah berhasil ditransfer, akan ada notifikasi kembali bahwa transaksi telah berhasil. Pelanggan bisa melakukan pengecekan pulsanya jika sudah terpotong, atau melakukan konfirmasi ke penerima jika sudah menerima kiriman pulsanya.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan. Namun demikian, pengguna Telkomsel hanya bisa memakai aplikasi ini untuk sesama pelanggan Telkomsel. Tidak ada layanan untuk mentransfer pulsa atau kuota ke operator selain Telkomsel.

Ketentuan Transfer Pulsa Telkomsel

Ketentuan Transfer Pulsa Telkomsel

Sebagaimana halnya transaksi yang dilakukan lintas operator, tentu akan ada syarat dan ketentuan yang diberlakukan. Termasuk dalam cara transfer pulsa Telkomsel ke Indosat, yang memiliki beberapa syarat yang harus diketahui oleh pengirim.

1. Dapat Dilakukan ke Beberapa Produk dalam 1 Waktu

Sampai saat ini, pengirim dapat mentransfer pulsa ke beberapa produk dalam operator yang sama. Misalnya, jika ingin melakukan transfer ke As atau Loop bersamaan. Layanan ini dapat digunakan, jika pengirim ingin memberikan kejutan kepada penerima pulsa. Syaratnya, perhatikan dengan seksama nomor telepon tujuan supaya tidak terjadi salah kirim.

2. Tuliskan Nominal Hanya dengan Angka

Pada saat pengiriman pulsa, pengirim akan diminta menuliskan nominal yang akan ditransfer. Perhatikan dengan benar penulisan nominal tersebut. Pengirim cukup menuliskan angka nominal transfernya saja, tanpa menambahkan simbol ‘Rp’ atau tanda pisah berupa titik maupun koma.

Selain itu, penulisan angka dapat juga dituliskan hanya nominal awalnya saja. Maka jika pengirim hendak melakukan transfer pulsa sebesar 50 ribu rupiah, maka cukup menuliskan 50000. Jika tidak, pengirim dapat menuliskan hanya dengan 50 saja. Penulisan ini sudah standar dan pasti akan terbaca oleh sistem sebagai perintah yang benar.

3. Batas Maksimal Transfer

Pengirim pulsa memiliki batasan harian transfer dalam satu harinya, yaitu tidak boleh lebih dari 100 kali transfer pulsa. Hal ini penting diketahui untuk mengantisipasi over limit transfer harian yang dilakukan. Jika sudah mencapai batas harian, maka transfer dapat dilakukan kembali keesokan harinya.

4. Batas Nominal Transfer

Selain batas transfer harian, pengirim juga dibatasi nominal akumulatif. Dalam satu hari, jumlah akumulasi transfer yang boleh dilakukan adalah paling banyak 1 juta rupiah. Oleh karenanya, pastikan pengirim tidak melebihi batas transfer tersebut.

5. Memastikan Nomor Tujuan

Dalam cara transfer pulsa Telkomsel ke Indosat, pengirim harus benar-benar memastikan nomor tujuan sudah diketik dengan benar sebelum melakukan transfer. Bukan hanya itu, baik pengirim maupun penerima harus memastikan kedua nomornya sama-sama aktif. Dalam artian bahwa nomor tidak berada dalam masa tenggang. Hal ini penting agar pulsa yang dikirimkan dapat langsung aktif dan digunakan.

Terdapat perbedaan kebijakan penambahan masa aktif masing-masing provider. Namun demikian, jika menerima pulsa lewat transfer, tidak akan berpengaruh pada penambahan masa aktif. Penerima pulsa hanya akan menerima penambahan nominal pulsa atau kuota saja, namun tidak dengan masa aktifnya. Berbeda dengan pembelian pulsa lewat counter atau e-banking.

Dengan demikian, penerima pulsa jangan sampai mengandalkan masa aktif nomornya dari transferan pulsa saja. Sesekali tetap harus melakukan pengisian pulsa lewat counter atau jasa lainnya, agar memperpanjang masa aktif.

6. Biaya Administrasi Transfer

Pada setiap transfer yang dilakukan, akan dikenakan administrasi tambahan selain pulsa yang dipotong. Biaya administrasi yang dikenakan adalah Rp 1.500,00 untuk setiap kali pengiriman pulsa. Hal ini penting diketahui untuk memperhatikan besaran saldo pulsa yang dimiliki, agar tetap bisa melanjutkan transfer pulsa atau kuota.

7. Saldo Minimal

Ketentuan lain yang harus dipahami oleh pengirim pulsa pada cara transfer pulsa Telkomsel ke Indosat maupun operator manapun adalah, bahwa pengirim harus memiliki saldo mengendap minimal 5 ribu rupiah. Jika pulsa atau kuota berada di bawah nominal tersebut, maka praktis tidak dapat mengirimkan pulsa ke penerima.

Ada banyak cara transfer pulsa Telkomsel ke Indosat dan juga operator lainnya, termasuk ke sesama Telkomsel yang bisa dilakukan. Hal penting yang harus diketahui adalah, untuk berhati-hati dengan modus penipuan transfer pulsa, serta memperhatikan dengan cermat nomor tujuan dan nominal yang akan dikirim.

Jangan sampai melakukan transfer pulsa ke nomor tidak dikenal yang ternyata merupakan modus penipuan transfer pulsa. Pastikan terlebih dahulu nomor yang ditransfer merupakan orang-orang terdekat yang dikenal.

Baca Juga: Setting APN Telkomsel

5/5 - (371 votes)

Leave a Comment