Cara Transfer Dana ke OVO

Sebagai masyarakat yang hidup di era digital, menggunakan e-wallet bukan lagi sesuatu yang baru. Sebut saja platform seperti Dana serta Ovo yang sering digunakan untuk melakukan pembayaran. Pengguna juga bisa menggunakan  cara transfer dana ke Ovo sehingga transaksi lebih praktis. Sederhananya, saldo dari Dana dipindahkan dan bisa digunakan di Ovo.

Mengulas kembali seputar Ovo, aplikasi untuk pembayaran online ini sedang populer di masyarakat, terlebih sudah bekerjasama dengan ribuan merchant. Tidak heran jumlah downloadnya telah melebihi 10 juta. Sedangkan Dana adalah dompet digital yang bermanfaat untuk berbagai transaksi keuangan misalnya membayar belanja online, ojek online, hingga tagihan bulanan seperti listrik dan air.

Fakta yang Perlu Diketahui

Sebelum mempelajari cara transfer Dana ke Ovo, ada beberapa fakta yang perlu diketahui, mulai dari biaya transfer hingga persyaratan yang perlu dipenuhi. Hal-hal ini seringkali ditanyakan oleh pengguna saat ingin transfer saldo. Inilah sederet fakta seputar transfer dari akun Dana menuju Ovo:

1. Biaya Transfer

Untuk setiap transfer dari Dana menuju Ovo, pengguna perlu memiliki saldo setidaknya 11 ribu. Hal ini karena sekarang ada biaya admin sebesar 999 rupiah yang diberlakukan, berapapun nominal saldo yang dikirimkan. Pengguna juga bisa memanfaatkan 10 kali promo gratis biaya transfer yang diberikan setiap bulannya oleh Dana, dengan jumlah pengiriman saldo minimal 10 ribu.

2. Pentingnya Upgrade Aplikasi

Pengguna Dana wajib melakukan upgrade menuju akun premium. Apabila belum diperbarui, maka pengiriman akun menuju bank maupun Ovo belum dapat dilakukan. Cara untuk upgrade aplikasi ini cukup mudah. Cukup dengan menyediakan kartu identitas (KTP) yang nantinya difoto bersama foto diri untuk diverifikasi oleh tim Dana. Hal ini termasuk dalam syarat wajib transfer saldo.

Untuk menggunakan berbagai fitur yang ditawarkan Ovo, pengguna juga perlu melakukan verifikasi dengan cara yang serupa dengan Dana yaitu dengan verifikasi KTP. Hal ini untuk memaksimalkan penggunaan Ovo sebagai alat pembayaran yang praktis. Apabila sudah melakukan upgrade di kedua platform tersebut namun pengirimannya gagal, berarti kendala berada pada sistem. Tunggu beberapa menit untuk mencobanya kembali.

3. Nomor yang Digunakan untuk Mengirim Saldo

Banyak pengguna yang mempertanyakan apakah nomor yang digunakan di akun Dana harus sama dengan yang didaftarkan di Ovo untuk bisa melakukan transfer. Jawabannya adalah tidak. Hal ini tidak mempengaruhi jalannya proses transfer. Nomor yang dipakai untuk kedua platform tersebut boleh sama ataupun berbeda.

Sebagai contoh, pengguna bisa melakukan top up ke Ovo milik teman dan keluarga (atau sebaliknya) melalui Dana walaupun nomornya berbeda. Hal ini bisa memudahkan untuk keperluan darurat, misalnya memerlukan saldo cepat untuk melakukan pembayaran dengan Ovo.

Cara Transfer Dana ke Ovo dengan Fitur Saldo Digital

Cara Transfer Dana ke OVO - Saldo Digital

Terdapat dua cara yang dapat dilakukan untuk mengirim saldo dari akun Dana menuju Ovo, yakni fitur “Kirim” serta “Saldo Digital”. Mengapa ada dua cara? Meski sebagian besar memilikinya, namun ternyata tidak seluruh akun Dana dibekali dengan opsi “Saldo Digital”. Cara yang pertama adalah melalui “Saldo Digital”, yakni seperti berikut:

1. Memilih Tujuan Pengiriman

Buka akun Dana yang sudah diperbarui menjadi premium. Di halaman utamanya, tekan “Lihat Semua”. Klik pada tulisan “Top Up”, lanjutkan dengan memilih “Saldo Digital”. Dari beberapa pilihan platform yang tersedia, tekan e-wallet yang dituju yakni Ovo dengan logo ungu.

2. Memasukan Nomor Hp Tujuan Serta Jumlah Saldo

Masukkan nomor ponsel dari akun Ovo yang hendak dikirimi saldo. Ketika berapa nominal yang akan ditransfer dari Dana (paling sedikit 10 ribu). Apabila jumlahnya sudah benar, tekan “Lanjutkan”. Periksa ulang apakah nomor Ovo serta jumlah saldonya sudah benar untuk menghindari kekeliruan. Jika sudah, tekan “Konfirmasi”.

3. Melakukan Konfirmasi Pembayaran

Tekan “Bayar” apabila sudah memastikan total pembayarannya benar. Di sini, berapapun nominal yang dikirim akan dikenai biaya admin 999. Berbeda dengan dulu, dimana pengiriman top up sebesar 50 ribu ke atas akan dibebaskan dari biaya admin. Sebagai contoh jika mengirimkan 25 ribu, maka akan tertulis 25.999 pada halaman konfirmasi pembayaran.

Apabila pengirimannya berhasil, pengguna akan mendapatkan notifikasi dari Ovo. Selain biaya 999 untuk administrasi, terdapat potongan 1000 dari Ovo. Dana 25 ribu yang dikirimkan melalui Dana tadi akan menjadi 24 ribu. Hal ini penting untuk diingat agar tidak terjadi kesalahpahaman setelah mengirimkan sejumlah uang.

Cara Transfer Dana ke Ovo dengan Fitur Kirim

Fitur Kirim Dana

Seperti yang telah dijelaskan, tidak semua akun Dana mempunyai menu “Saldo Digital”. Dua akun Dana yang sama-sama diperbarui menjadi premium bisa memiliki tampilan berbeda. Untuk itulah perlu mengirimkan uangnya dari fitur “Kirim” terlebih dahulu. Alternatif kedua ini bisa dilakukan bagi pengguna yang di aplikasi Dana-nya tidak terdapat “Saldo Digital”, dengan langkah seperti berikut:

1. Memilih Rekening Bank

Masuk menuju aplikasi Dana premium, kemudian tekan menu “Kirim”. Lanjutkan dengan memilih “Kirim ke Bank”. Pada halaman berikutnya, klik “Tambah Rekening Baru” kemudian pilihlah nama bank yaitu CIMB Niaga atau National Nobu. Kedua bank ini merupakan milik Dana sehingga bisa digunakan untuk mengirim saldo menuju e-wallet yang lain dengan cepat.

2. Membuat Kode untuk Mengirim Saldo

Ketikkan kode bank beserta nomor ponsel pengguna Ovo yang akan dikirimkan saldo. Kode untuk CIMB Niaga adalah 8099, sedangkan untuk National Nobu adalah 9. Sebagai contoh menggunakan CIMB Niaga, maka pengetikannya seperti berikut: 809908123456789. Sedangkan untuk pengguna yang memilih National Nobu dapat mengetikkan sesuai kode, misalnya: 908123456789.

Pengguna bisa mengetikkan nama pada kolom yang tersedia, misalnya keterangan mengenai saldo ini, biasanya dipakai untuk mengirim menuju akun milik orang lain. Boleh juga dikosongkan apabila tidak perlu. Apabila semua kolomnya telah terisi, tekan “Tambah Bank Baru”. Ketik nominal saldo yang ingin dikirimkan dari Dana (minimal 10 ribu) kemudian ketuk “Lanjut”.

3. Konfirmasi Pembayaran dan Memeriksa Notifikasi

Tambahkan keterangan di kolom bertuliskan “Tambah Catatan” bila perlu. Cara transfer Dana ke Ovo berikutnya adalah memeriksa ulang apakah nomor akun Ovo serta nominal uangnya sudah benar. Tekan “Konfirmasi”, kemudian input PIN dari akun Dana dengan benar sehingga proses transfer dapat diselesaikan.

Apabila sukses, akan ada notifikasi yang menginfokan bahwa pembayarannya sudah berhasil. Begitu juga dengan akun Ovo, akan ditampilkan notifikasi uang masuk. Sekarang saldo Dana sudah berpindah menuju Ovo dan dapat digunakan seperti biasa.

Cara Transfer Dari Ovo Menuju Dana

Transfer OVO ke Dana

Setelah memahami cara transfer Dana ke Ovo, pengguna juga perlu mengetahui langkah sebaliknya. Hal ini akan membantu apabila terdapat kondisi yang memerlukan saldo pada akun Dana. Contohnya, ada promo yang berlaku dengan pembayaran melalui Dana karena semakin banyak merchant bekerjasama dengan e-wallet ini. Ikuti cara transfernya seperti berikut:

1. Memilih Bank Tujuan

Masuk ke akun Ovo yang telah diperbarui (upgrade) menuju versi premium. Pada halaman utamanya, pilih menu “Transfer”. Berikutnya masuk ke opsi “Rekening Bank” untuk memilih satu dari beberapa bank yang tersedia. Pengguna dapat memasukkan nama bank pada bagian “Bank Tujuan” yaitu CIMB Niaga.

2. Memasukkan Kode dan Nominal Saldo

Ketikkan kode 8059 yang merupakan kode khusus Cimb Niaga. Di kolom tempat nomor rekening, ketikkan kode tersebut diikuti dengan nomor hp yang sudah didaftarkan untuk membuat akun Dana. Contohnya: 80590812345888.

Setelah nomornya dipastikan sudah benar, masukkan berapa saldo yang akan ditransfer. Untuk kolom pesan bisa diisi atau dikosongkan sesuai dengan kebutuhan. Berikutnya tekan “Lanjutkan”. Di halaman untuk konfirmasi transfer, periksa kembali apakah semua informasinya sudah benar.

3. Menyelesaikan Pengiriman Saldo

Ketuk tombol “Transfer” apabila seluruh informasi transfer dipastikan benar. Tunggu beberapa saat hingga proses transaksinya berhasil. Biasanya hal ini ditandai dengan munculnya notifikasi baik pada akun Ovo maupun Dana. Di Ovo, ada keterangan mengenai pengiriman yang berhasil sedangkan di Dana tentang adanya saldo yang masuk.

Keuntungan Menggunakan Dana dan Ovo

Dompet digital sedang mengalami peningkatan pesat beberapa tahun terakhir ini. Ovo sudah digunakan oleh lebih dari 10 juta orang. Begitu juga dengan Dana yang telah digunakan dan dipercaya oleh 50 juta lebih pengguna melalui unduhan toko aplikasi. Berikut keuntungan memakai kedua aplikasi ini:

1. Transaksi Lebih Nyaman

Metode pembayaran melalui Ovo dan Dana dilakukan secara digital, artinya pengguna tidak perlu melakukan kontak secara langsung dengan menyentuh uang tunai. Apalagi, sekarang virus Covid-19 sedang merajalela sehingga lebih dianjurkan membayar dengan non tunai (cashless). Cukup dengan gadget serta internet sudah bisa membayar dengan cepat.

Dompet digital dapat dibawa kemana saja tanpa bingung mencari lembar uang di dompet. Berbelanja bisa lebih lancar dan minim hambatan, seandainya tidak memiliki uang tunai yang cukup pun bisa mengandalkan aplikasi saja. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk pembayaran tagihan bulanan.

2. Keamanan Lebih Terjamin

Transaksi dengan dompet digital contohnya seperti cara transfer Dana ke Ovo sudah dipastikan aman. Pengguna dapat mengatur sendiri PIN agar bisa mengunci Ovo serta Dana. Bisa juga memakai sidik jari dalam mengakses serta memverifikasi transaksi. Faktor berikutnya yang membuktikan Ovo dan Dana aman adalah legalitasnya.

Kedua e-wallet ini sudah diatur dalam peraturan yang dibuat oleh Bank Indonesia, yakni nomor 18/40 tahun 2016. Peraturan tersebut membahas seputar penyelenggaraan transaksi pembayaran dan OJK nomor 13 mengenai inovasi keuangan digital dalam sektor keuangan. Dengan adanya peraturan ini, membayar dengan Ovo ataupun Dana sudah dilindungi oleh hukum dan diprediksi terus mengalami peningkatan karena pesatnya perkembangan pembayaran digital.

3. Mudah dan Praktis

Kemudahan serta kepraktisan dapat dilihat dari berbagai hal, contohnya saja cara transfer dana ke Ovo. Pengguna dapat menarik saldo kapanpun dengan mudah, caranya yakni menambahkan rekening pribadi pada Ovo serta Dana. Dengan demikian pengguna bisa menarik saldonya dari e-wallet menuju rekening ataupun sebaliknya.

Demikian ulasan mengenai cara transfer dana ke Ovo. Dana memudahkan penggunanya untuk mengirimkan saldo dengan menyediakan dua pilihan, yaitu dengan fitur “Kirim” ataupun “Saldo Digital”. Semuanya sudah terbukti berhasil dan tidak sulit untuk dilakukan. Dalam hitungan menit, saldo sudah bisa terkirim.

Sekarang pengguna tidak perlu bingung apabila saldo Ovo-nya mulai menipis. Dengan memiliki akun Dana, pengiriman saldo dapat dilakukan kapan saja dengan beberapa langkah mudah. Begitu juga sebaliknya, seandainya saldo Dana yang habis pun bisa diisi melalui saldo Ovo selama masih mencukupi termasuk biaya administrasinya.

Baca Juga: Cara Transfer Dana ke ShopeePay

5/5 - (371 votes)

Leave a Comment