Cara Tranfer OVO ke Dana

Pemakaian dompet digital sebagai fasilitas untuk transaksi keuangan terkini sepertinya tengah marak. Aplikasi digital tersebut dapat dipergunakan oleh siapa pun seperti Dana dan OVO. Cara transfer OVO ke Dana terbilang cukup mudah untuk dilakukan setiap orang. Hal tersebut didukung oleh produk yang melakukan kerjasama dengan beberapa aplikasi tersebut.

Baik OVO dan Dana, keduanya masuk ke dalam aplikasi yang paling banyak digunakan kini. Berbagai jenis pembayaran toko online seperti Tokopedia, Shopee dan berbagai merchant lainnya juga telah mendukung pembayaran via aplikasi tersebut. Memungkinkan banyak pengguna baru yang menggunakanya, berkut penjelasan lebih lanjutnya.

Apa itu OVO dan Dana?

Termasuk startup yang memberikan layanan digital dalam bentuk transaksi keuangan membuat OVO dan Dana banyak digunakan. Selain itu OVO sendiri sudah ada semenjak tahun 2017, e-wallet yang satu ini memiliki ciri khas dengan warna ungu. Sudah banyak kerjasama dari berbagai merchant seperti toko online dan transportasi online yang menjadikannya mitra.

Hal serupa juga terjadi pada aplikasi Dana, menawarkan layanan transaksi digital yang memudahkan para penggunanya. Berdiri sejak tahun 2018, yang hanya berselang waktu 1 tahun dengan OVO. Berbagai ragam promo serta diskon menarik pun kerap ditawarkan oleh aplikasi berwarna biru tersebut.

Persyaratan Transfer OVO ke Dana

OVO Premier

Supaya bisa melakukan transfer OVO ke Dana tentu terdapat syarat dan ketentuan yang berlaku. Pengguna tidak bisa sembarang asal transfer tanpa mengetahui persyaratannya terlebih dahulu, walaupun transfer yang dilakukan melalui sebuah aplikasi. Berikut beberapa penjelasan terkait transfer yang bisa dipahami oleh para pengguna di antaranya yaitu:

  • Syarat yang pertama yaitu memastikan bahwa akun OVO yang terpasang di smartphone sudah di update ke OVO Premier.
  • Telah memiliki saldo yang cukup untuk melakukan transfer.
  • Masukkan kode virtual OVO yang sesuai. Tarif yang Dikenakan untuk Transfer OVO ke Dana

Bagi pengguna yang baru menggunakan aplikasi dompet digital pasti belum mengetahui tarif yang dikenakan untuk transfer OVO ke Dana. Kedua aplikasi tersebut menerapkan sistem biaya langganan kepada para penggunanya. Hal yang perlu diperhatikan oleh pengguna adalah biaya admin ketika melakukan top up Dana yang dibebankan lewat OVO.

Cara transfer OVO ke Dana sebenarnya mudah dan tidak terlalu memberatkan untuk biaya adminnya. Namun, berdasarkan ketentuan yang berlaku, untuk sekali transfer pengguna akan dibebankan biaya sekitar 2.500 rupiah. Tarif dari biaya yang dikeluarkan tersebut sedikit mahal jika dibandingkan dengan top up yang dilakukan dengan OVO lewat rekening bank.

Biaya yang dikenakan lewat transfer bank tentunya jauh lebih murah yaitu 1000 rupiah dalam sekali kirim. Jumlah minimal transfer nya sendiri adalah 10000 rupiah yang bisa dilakukan ke semua tujuan rekening mana pun. Sedikit cukup besar bagi yang memiliki saldo dengan jumlah yang pas-pasan tentunya.

Cara Transfer OVO Ke Dana

Cara Transfer OVO ke Dana

Pengguna sudah paham akan penjelasan terkait OVO dan Dana beserta dengan syarat-syaratnya? Selanjutnya beralih untuk mempelajari cara transfer OVO ke Dana yang bisa dilakukan secara online. Jika pengguna bisa memahami penjelasan sebelumnya, maka cara transfer berikut ini pun akan sangat mudah untuk dicoba, berikut tahapannya yaitu:

1. Membuka Aplikasi OVO

Tahapan pertama cara transfer OVO ke Dana yaitu dengan membuka aplikasi OVO sebelumnya.. Pengguna bisa memasukkan security kode atau kode keamanan atas akun OVO yang dibuka. Pastikan bahwa smartphone yang dipakai untuk membuka aplikasi terhubung memiliki koneksi internet yang stabil.

2. Memilih Menu Transfer

Jika telah berhasil masuk ke dalam akun OVO, maka berikutnya pengguna akan melihat tampilan utama dari aplikasi tersebut. Selanjutnya klik dan pilih menu transfer yang terdapat dalam fitur aplikasi tersebut. Memungkinkan langkah transfer pun semakin dekat.

3. Mengklik ke Rekening Bank

Selesainya pemilihan menu transfer, pengguna akan diberikan dua pilihan jenis transaksi. Pilihan pertama yakni ke sesama OVO atau pilihan kedua yaitu ke rekening bank. Di tahap ini pengguna cukup memilih ke rekening bank saja.

4. Menentukan Jenis Bank

Setelah memilih pilihan transaksi yang akan dilakukan, maka hal berikutnya yang harus dilakukan pengguna adalah memilih bank tujuan. Bagi yang ingin melakukan transfer saldo dari OVO ke Dana bisa memilih bank CIMB Niaga.

5. Memasukkan Nomor Rekening dan Tentukan Nominal

Cara transfer OVO ke Dana selanjutnya yaitu dengan memasukkan nomor rekening yang akan dituju. Pengguna yang ingin melakukan transfer bisa memasukkan kode bank 8059, selanjutnya diikuti dengan nomor telepon seluler dari akun Dana yang dituju.

Jika sudah siap mengetikkan nomor rekening yang menjadi tujuan, pengguna dapat memasukkan nominal top up yang diinginkan. Pengguna juga harus mengetahui jumlah dari nominal yang bisa diproses dalam transfer tersebut. Memungkinkan transfer dapat berjalan lancar dan berhasil terkirim.

6. Melakukan Konfirmasi Transfer

Tahap selanjutnya yang harus pengguna pahami yaitu dengan melakukan konfirmasi transfer. Hal tersebut dapat pengguna lakukan dengan memeriksa transaksi yang akan diproses. Jika keseluruhan data sudah benar, maka tinggal mengklik transfer.

7. Menginput PIN OVO dan Selesai

Terakhir hal yang harus pengguna lakukan yaitu dengan menginputkan PIN OVO yang biasanya digunakan. Setelah semua proses telah selesai dilakukan berdasarkan urutannya, maka proses dari transaksi pun telah selesai. Kini pengguna telah berhasil melakukan transfer dari OVO ke Dana.

Bagaimana mudah bukan melakukan transfer aplikasi keuangan digital? Pengguna hanya perlu memahami dasar dan ketentuan yang terdapat di dalam aplikasi tersebut. Cepat atau lambat aplikasi tersebut akan didukung oleh setiap merchant yang ada di Indonesia.

Pentingkah untuk Mengetahui Cara Transfer OVO ke Dana?

Pertanyaan terkait seberapa pentingkah aplikasi tersebut untuk kebutuhan seseorang tentunya relatif. Masyarakat yang bermukim di perkotaan seperti Ibukota, menggunakan aplikasi dompet digital adalah sesuatu yang penting. Hal sudah menjadi kebutuhan sehari-hari yang diperlukan masyarakat urban.

Penggunaan kedua aplikasi OVO dan Dan dirasa sangat penting? Hal tersebut dikarenakan masyarakat tidak perlu lagi mencari uang tunai ketika sedang melakukan transaksi. Selain itu juga kehadiran dari aplikasi tersebut sering menghadirkan berbagai promo menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Kondisi seperti yang telah dijelaskan tentu membuat cara transfer OVO ke Dana pun menjadi hal yang perlu untuk dipahami. Namun berbeda dengan kondisi wilayah lainnya yang belum mendukung penggunaan aplikasi keuangan digital tersebut. Pada wilayah tersebut penggunaanya memang belum efektif seperti yang terjadi di perkotaan.

Namun untuk bahan edukasi dan juga pengetahuan tidak ada salahnya masyarakat juga memahami perihal aplikasi dompet digital tersebut. Pasalnya bisa saja, pemakaian aplikasi tersebut dibutuhkan sewaktu-waktu. Pengguna pun sudah paham dan mengerti cara menggunakannya, sehingga tidak akan kesulitan dalam menggunakanya.

Keuntungan Hadirnya OVO dan Dana

Keuntungan OVO

Setelah mengetahui cara transfer OVO Ke Dana, maka ada baiknya pengguna mengetahui kelebihan yang dimiliki oleh kedua aplikasi digital tersebut. Setiap aplikasi tentu mempunyai kelebihan atau keunggulannya tersendiri. Tidak mungkin sebuah aplikasi dibuat tanpa adanya fungsi yang bermanfaat, berikut penjelasannya.

1. Trasaksi Pembayaran Dapat Dilakukan dengan Cepat

Adanya aplikasi e-wallet seperti OVO, Dana dan lainnya memberikan keuntungan tersendiri, salah satunya yaitu dapat melakukan berbagai transaksi pembayaran dengan cepat. Hanya dengan melakukan pindai kode atau barcode yang telah disediakan, maka pengguna tidak perlu lagi memberikan uang tunai.

2. Terhindar dari Uang palsu

Dalam melakukan berbagai transaksi keuangan, kelalaian atau penipuan bisa saja terjadi di dalamnya. Tidak sedikit pengguna yang tertipu ketika melakukan pembelian yang akhirnya mendapatkan kembalian uang palsu. Hal seperti itu tentu sangat merugikan sekali tentunya.

Hadirnya aplikasi e-wallet seperti OVO dan Dana tentu bisa mencegah hal tersebut terjadi. Uang yang dikeluarkan pun secara otomatis akan terkirim melalui sebuah aplikasi digital, sehingga nominal yang dikeluarkan pun pas jumlahnya.

3. Terbebas dari Kuman dan Kotoran

Uang tunai yang kini tengah beredar dan digunakan masyarakat telah berpindah-pindah kepemilikannya. Hal tersebut tentu tidak luput dari kuman dan kotoran yang berasal dari tangan yang telah menyentuhnya. Kebersihan akan uang tunai tersebut mungkin sangat sering diabaikan dan tidak dipedulikan sebagian orang.

Namun sebenarnya di setiap lembaran uang yang dipegang telah menempel berbagai kuman yang tak kasat mata. Oleh sebab itu penggunaan e-wallet sangat bagus untuk mencegah kotoran yang menempel agar tidak menyebar. Memungkinkan penularan penyakit akibat kuman pun dapat dihindari secara tidak langsung.

Kekurangan OVO dan Dana

Setiap aplikasi apa pun itu jenis dan kegunaanya pasti memiliki kekurangan, begitu pun dengan OVO dan Dana. Di Indonesia sendiri e-wallet masih menjadi hal yang baru dan belum banyak diberlakukan di beberapa wilayah. Contohnya seperti di desa, pemakaian aplikasi tersebut lebih dominan di kota, berikut kekurang lainnya yakni:

1. Terbatasnya Merchant

Masih sedikitnya penggunaan e-wallet di Indonesia mengakibatkan merchant yang atau pihak yang menerima jenis penggunaanya masih sedikit. Hal tersebut juga dikarenakan sarana infrastruktur yang dimiliki belum memadai. Namun dengan berjalanya perkembangan zaman serta teknologi, akan terdapat banyak merchant nantinya.

2. Konsumtif

Penerapan transaksi digital berbeda dengan uang tunai, pada uang digital tidak akan terasa kurangnya jumlah yang dipakai. Berbeda dengan uang tunai yang setiap rupiahnya akan terasa berkurang jika dibelanjakan. Hal tersebut karena penggunaan dari segi fisik sudah jelas terlihat berbeda.

Memungkinkan pengguna menjadi lebih konsumtif dalam membelanjakan uangnya, hal itu dikarenakan uang digital tidak akan terasa jika berkurang. Namun uang tunai akan terasa berkurang jika berada dalam genggaman dan kemudian dibelanjakan.

3. Dibebankan Biaya Admin Serta Minimal Transfer

Hal yang harus diketahui oleh pengguna e-wallet yaitu adanya beban biaya yang harus ditanggung jika melakukan transaksi secara digital. Pada setiap aplikasi digital berbeda-beda jumlah biaya admin yang dibebankan. Tergantung dari aplikasi yang pengguna pakai.

Selain itu juga terdapat minimal transfer yang perlu untuk diketahui, untuk minimal transfer sendiri juga berbeda-beda tiap aplikasinya. Jadi alangkah baiknya sebelum melakukan transfer pengguna telah mengetahui jumlah saldo yang dimilikinya. Memungkinkan dalam kondisi mendesak transfer pun bisa berhasil dilakukan.

Itulah ulasan terkait cara transfer OVO ke Dana beserta pembahasan lainnya yang menyangkut e-wallet tersebut. Pelajari dan pahami kembali syarat dan ketentuan untuk melakukan transfer, sehingga nantinya dapat sukses ketika dilakukan. Harapan ke depannya dengan adanya penjelasan terkait pengguna bisa lebih bijak menggunakan dompet digital.

Baca Juga: Cara Transfer Dana ke OVO

5/5 - (371 votes)

Leave a Comment