Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok Video sharing atau yang saat ini banyak dikenal adalah TikTok. Merupakan aplikasi yang paling banyak diunduh oleh berbagai orang di belahan dunia. Setelah diusut ternyata dari TikTok seseorang bisa menghasilkan uang. Bagaimanakah cara mendapatkan uang dari TikTok? Hal tersebut tentu harus didukung dengan konten menarik yang dibuat.

Sebagian besar penggunanya bukan hanya sekedar bermain-main dengan aplikasi tersebut. Buktinya saat ini sudah banyak para TikTokers yang meraih ketenaran hingga bisa mendapatkan penghasilan yang berlimpah. Penasaran bagaimana caranya? Berikut penjelasan lengkapnya.

Tentang TikTok

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

TikTok masuk ke dalam aplikasi sharing video yang kini tengah viral dan banyak dipakai oleh kaum milenial. Aplikasi berbagi video tersebut dikenal dengan nama lain Douyin. Perilisannya pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016. Di Indonesia sendiri, aplikasi tersebut bahkan diterima baik.

Dibuat oleh seorang pengembang asal Cina yaitu Zhang Yiming yang merupakan seorang pendiri dari TouTiao. Penggunaan aplikasi tersebut memang diperuntukkan untuk membuat video yang didalamnya berisi music. Para penggunanya juga bebas untuk mengekspresikan diri lewat aplikasi tersebut.

Telah tersedia lebih di 150 negara saat ini, membuat TikTok menjadi rajanya aplikasi sharing video paling populer. Awal masa kejayaannya yang berasal dari Tiongkok, TikTok lambat alun menyebar hingga ke Asia, Amerika hingga Eropa. Telah didukung dengan 75 bahasa, TikTok telah banyak melakukan ekspansi sampai ke seluruh penjuru dunia.

Tidak hanya itu pengguna aktif TikTok pun 60 persen dipegang oleh generasi Z, walau pun semua usia bisa menggunakannya. Forbes juga menyatakan bahwa adanya TikTok serta banyaknya pengguna usia muda, membuatnya meningkatkan kreativitas. Banyak dari kalangan muda yang kini bebas mengekspresikan dirinya lewat aplikasi tersebut.

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Bukan sembarang aplikasi, TikTok juga dapat memberikan income yang menarik kepada para penggunanya. Memasuki era digital saat ini menjadikan TikTok sebagai salah satu media yang sangat bermanfaat. Hampir serupa dengan YouTubers dan Selebgram. Seorang TikTokers pun bisa terkenal di dunia maya.

Banyak yang menyangka bahwa TikTok hanyalah sebuah aplikasi buat video yang hanya untuk bersenang-senang saja. Terdapat sejumlah manfaat yang bisa pengguna dapatkan dari aplikasi tersebut. Hal tersebut juga tentunya didukung oleh pembuatan konten yang positif, sehingga bisa menghasilkan pemasukan. Berikut penjelasannya:

1. Ciptakan Merek

Cara mendapatkan uang dari TikTok yang pertama yaitu dengan menciptakan merek. Pengguna dapat menciptakan merek yang dapat diperkenalkan kepada public, merek sendiri maksudnya adalah jati diri. Dalam bidang pemasaran, sebuah merek yang terkenal adalah pondasi dari sebuah bisnis apa pun yang dapat menghasilkan income.

Hampir serupa dengan Instagram dan YouTube yang sama-sama bisa menghasilkan uang bagi beberapa orang. Pengguna dapat membuat akun TikTok dengan target pasar yang jelas. Ciptakan berbagai konten yang berpotensi untuk banyak disukai orang banyak.

Pada aplikasi TikTok sendiri pengguna terlebih dahulu harus mempunyai gambaran yang jelas terkait video yang akan dihasilkan. Jangan lupakan untuk selalu konsisten dengan apa yang telah dibangun dari awal. Pastikan telah menentukan tema dari video yang akan dibuat di awal pembuatan akun TikTok.

2. Hasilkan Konten yang Disukai Semua Orang

Langkah berikutnya, cara mendapatkan uang dari TikTok yaitu dengan membuat berbagai konten menarik yang bisa disukai semua orang. Serupa dengan platform media social, pengguna juga harus memikirkan tema dari konten dengan matang. Tidak hanya itu, video yang antimainstream juga bisa menarik banyak perhatian orang. Nah dari situlah uang akan berdatangan.

Pembuatan konten yang berhasil menarik para pengguna akun TikTok dapat memberikan pengaruh yang cukup besar. Contohnya pengaruh sosial atau yang sering disebut juga dengan Influencer jika di Instagram. Para TikTokers pun bisa mempengaruhi para penggunanya, contohnya sebuah konten challenge yang tengah viral, pasti akan banyak yang membuatnya.

3. Perbanyak Jumlah Pengikut

Jika ingin menjadi terkenal dan bisa menghasilkan uang dari TikTok, maka seorang TikTokers biasanya akan berusaha mendapatkan banyak pengikut. Mendapatkan banyak jumlah pengikut menjadi keuntungan tersendiri. Mengapa demikian? Sebab dengan banyaknya jumlah pengikut tentu akan berpengaruh kepada jumlah penonton yang melihat setiap postingan.

Contohnya pengguna TikTok yang paling populer di antaranya yaitu Addison Rae Easterling. TikTokers tersebut dapat menghasilkan uang hingga mencapai 5 miliar dolar Amerika Serikat hanya dengan TikTok. Jumlah pengikutnya pun sangat fantastis yaitu lebih dari 54 juta pengikut dan terus bertambah setiap harinya.

4. Buat Konten Secara Berbayar

Mempunyai banyak jumlah pengikut di TikTok? Seseorang tersebut berarti bisa membuat konten khusus yang dapat bekerja sama dengan pihak lain atau pun di sponsori. Cara mendapatkan uang dari TikTok tersebut sangat efektif tentunya. Kenal dengan Loren Grey? Pengguna TikTok yang mempunyai jumlah pengikut sebanyak 45 juta.

Loren telah bekerja sama dengan produk kecantikan ternama yaitu Revlon untuk menghasilkan konten perusahaan. Harga yang diberikan oleh perusahaan tersebut untuk konten TikTok tersebut tidak main-main yaitu senilai 2,6 juta dollar Amerika Serikat. Nah, hal serupa juga bisa pengguna dapatkan jika jumlah pengikut sudah mencapai jumlah yang memungkinkan.

5. Rilis Musik

Cara mendapatkan uang dari TikTok selanjutnya yaitu dengan mencoba untuk merilis musik. Maraknya aplikasi TikTok saat ini berpengaruh besar terhadap musik, sebab video yang disuguhkan kerap memasang musik sebagai latar belakangnya. TikTok masih menjadi aplikasi yang paling banyak diminati, memungkinkan banyak artis dadakan atau artis baru yang muncul.

Sebagian pengguna TikTok terkenal tersebut biasanya menyuguhkan konten menarik perhatian publik. Tidak jarang musik yang menjadi sound dalam video tersebut viral dan terus diputar banyak orang. Lagu lawas pun banyak yang kembali naik daun karena aplikasi tersebut.

6. Buka Jasa Konsultan

Masuknya TikTok di Indonesia Sendiri terbilang sudah lama, tetapi baru viral beberapa tahun belakangan ini. Banyak yang bertanya-tanya apakah ada cara mendapatkan uang dari TikTok sesuai skill yang dimiliki? Tentu ada, jika pengguna paham terkait bidang ilmu tertentu atau apa pun itu, bisa menawarkan jasa konsultan.

Pengguna dapat menjadikan TikTok sebagai media edukasi, ceramah atau pun pemberian nasihat. Jangan mengira jika TikTok hanya sebuah aplikasi Joget dan menyanyi saja, banyak beberapa konten bahkan berisi banyak manfaat di dalamnya. Tidak jarang juga dari jasa konsultasi tersebut yang menghasilkan uang.

7. Jual Barang atau Promosi

Cara mendapatkan uang dari TikTok secara tidak langsung bisa dilakukan dengan melakukan jualan barang atau promosi. Banyak dari pengusaha kini yang melirik TikTok sebagai media yang sangat bagus untuk jualan. Sejumlah pebisnis pun beralih melakukan marketing atau pemasaran melalui aplikasi tersebut.

Jika pengguna mempunyai sebuah usaha dengan produk yang menarik dapat menjualnya dengan membuat video konten menarik terkait produk. Rancang dan buatlah sebuah marketing yang terlihat natural, sehingga berpeluang besar menarik perhatian. Buat juga review serta real pict dari setiap barang yang ditawarkan.

Hal tersebut mampu meyakinkan pengguna TikTok yang melihatnya untuk membeli barang tersebut. Pastikan juga untuk selalu memberikan konsep berjualan yang tidak biasa, dengan begitu akan menarik seseorang untuk melakukan order. Tuliskan juga caption yang menarik pada setiap postingan TikTok.

8. Jadi Influencer

Influencer biasanya sangat terkenal pada aplikasi Instagram, tetapi bukan berarti di TikTok tidak ada. Pada dasarnya Influencer adalah individu yang bisa mempengaruhi orang banyak. Mulai dari aktivitas hingga kegiatan sehari-hari dari seorang Influencer biasanya akan menarik perhatian publik.

Jika seorang Influencer memakai sandal atau baju dengan merek tertentu, pasti tak sedikit dari para pengikutnya penasaran. Secara tidak langsung cara mendapatkan uang dari TikTok ala Influencer ini sangat bekerja. Jika pengguna termasuk dalam kategori pengguna TikTok yang berpeluang untuk menjadi seorang Influencer mengapa tidak?

Namun yang harus diperhatikan jika menjadi seorang Influencer tentunya wajib mempunyai kepribadian yang baik. Contohnya Dara Arafah yang merupakan Influencer terkenal yang sudah banyak dijadikan bintang tamu bahkan model dari berbagai brand local. Dara sendiri tentunya mempunyai penghasilan yang menggiurkan, belum lagi bayaran dari setiap barang endorse yang dipromosikannya.

Manfaat TikTok

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Sejauh ini banyak sekali orang-orang yang menganggap TikTok berisik dan tidak mempunyai manfaat. Namun sebenarnya cara mendapatkan uang dari TikTok juga bisa didapatkan, asalkan bisa memanfaatkannya dengan baik. Ingin tahu apa saja manfaat yang didapatkan dari aplikasi tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Media Hiburan

Mewabahnya virus Corona yang tengah melanda semua wilayah saat ini mengharuskan masyarakat untuk di rumah saja. Bosan adalah hal paling sering yang pastinya dirasakan oleh semua orang. Hadirnya aplikasi TikTok menjadi media hiburan yang seru dan menyenangkan tentunya.

Tidak sedikit orang yang merasa terhibur dengan berbagai konten yang muncul di TikTok. Sering juga dengan aplikasi tersebut membuat emosional seseorang naik turun. Banyak pengguna yang terbawa perasaan dan terpengaruh dengan berbagai konten lucu atau pun yang mengharukan.

2. Meningkatkan Kreativitas

Manfaat selanjutnya yang harus pengguna ketahui yaitu bisa meningkatkan kreativitas. Kreativitas yang meningkat dapat membuat seseorang menjadi lebih kreatif dalam menghasilkan sebuah karya. Selain itu juga, banyak dari konten-konten tersebut yang membuat pengetahuan pengguna menjadi bertambah.

3. Menambah Jumlah Teman

Pertemanan bisa terhubung dari sebuah aplikasi TikTok, dalam aplikasi tersebut tersedia kolom komentar. Hadirnya fitur tersebut bisa membuat siapa pun bebas untuk berkomentar dan menuliskan sesuatu yang diinginkannya. Bahkan tidak jarang saat ini banyak pasangan dan juga persahabatan yang lahir dari aplikasi tersebut.

Hal ini sungguh menyenangkan bukan? Hubungan yang terjalin dalam dunia maya pun bisa menjadi hubungan yang realistis di dunia nyata. Banyak orang yang berkenalan dan hingga akhirnya bertemu. Memungkinkan komunikasi di kehidupan sehari-hari pun dapat berlangsung.

4. Menjadi Lebih Percaya Diri

Percaya atau tidak sebagian besar pengguna TikTok dapat meningkatkan kepercayaan dirinya dengan menggunakan aplikasi tersebut. Pengguna dapat membuat konten apa saja yang sesuai dengan kepribadian dan karakter yang dimiliki. Tidak jarang banyak konten-konten aneh bahkan ajaib pun yang dihasilkan.

Konten yang apa adanya sesuai dengan kehidupan sehari-hari juga sering ditemui pada video-video TikTok. Hal tersebut dapat meningkatkan kepercayaan diri, terlebih lagi jika banyak komentar positif yang mendukung konten tersebut. Selanjutnya pengguna pun akan lebih percaya diri dan semangat dalam membagikan kontennya.

Nah, itulah penjelasan terkait cara mendapatkan uang dari TikTok beserta manfaat lain yang bisa pengguna dapatkan. Maraknya penggunaan TikTok yang belum redup bisa pengguna manfaatkan sebaik mungkin saat ini. Namun terdapat beberapa hal yang perlu untuk dibatasi, sehingga privasi kehidupan pengguna tidak tersebar di dunia maya.

Baca Juga : Lagu Viral Tiktok 2021

5/5 - (371 votes)

Leave a Comment