Cara Membuat Link WhatsApp

Cara Membuat Link WhatsApp Bagi pelaku bisnis memiliki WhatsApp link tentu menjadi fitur yang cukup membantu untuk dapat menjangkau konsumen lebih mudah. Hal inilah kemudian yang membuat cara membuat  link WhatsApp akhirnya menjadi banyak incaran para pelaku bisnis.

Melalui WhatsApp link ini, konsumen juga tidak perlu lagi mencatat nomor untuk dapat menghubungi nomor terkait. Cukup satu kali klik pada website yang telah dicantumkan. Namun, apa sih sebenarnya WhatsApp link ini? Berikut ulasannya:

Membuat WhatsApp Link Tanpa Aplikasi

Cara Membuat Link WhatsApp

WhatsApp link bisa  dibilang merupakan suatu link yang nantinya digunakan untuk memudahkan proses komunikasi pada WhatsApp tanpa perlu bertukar nomor. Sistem ini pun seringkali digunakan oleh pelaku bisnis.

Menggunakan WhatsApp link memang bisa menjadi cara praktis bagi para pebisnis untuk dapat mempromosikan maupun menjangkau customer dengan lebih mudah. Tentunya hal ini juga berlaku sama bagi customer.

Membuat WhatsApp bukanlah hal yang sulit untuk dapat dilakukan oleh siapa saja. Bahkan tanpa adanya penggunaan aplikasi pihak ketiga pun, WhatsApp link bisa dibuat dan segera digunakan. Cara paling mudah untuk membuat WhatsApp link ini biasanya dilakukan menggunakan browser baik secara manual maupun otomatis.

Pembuatan WhatsApp link ini sendiri seringkali dilakukan menggunakan bantuan dari website pihak ketiga untuk mengaktifkan link. Hal inilah yang kemudian membuat penggunanya harus benar-benar memilih website yang tepat supaya tidak membuat perangkat mengalami masalah.

Bahkan penggunanya pun bisa juga mencantumkan WhatsApp link ke WordPress menggunakan CTA. Nah, lalu bagaimana sih cara membuat  link WhatsApp? Berikut ulasannya:

1. Membuat Link WhatsApp Secara Manual

Membuat link untuk WhatsApp bisa dilakukan dengan cara manual. Penggunaan cara ini terbilang merupakan cara yang paling mudah untuk membuat WhatsApp link. Sistem manual ini juga bisa dibilang merupakan sistem yang paling banyak digunakan.

Cara membuat link WhatsApp yang pertama bisa dilakukan secara manual hanya dengan menggunakan URL. Pengguna juga tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk dapat membuat link. Nah, lalu bagaimana caranya? Berikut ulasannya:

  • Pengguna WhatsApp cukup mengetahui alamat URL yang akan digunakan.
  • Ada dua URL yang bisa digunakan yaitu URL api serta URL
  • Silakan buat URL tersebut kemudian cantumkan nomor WhatsApp yang akan dibuat link dan di
  • Cantumkan nomor WhatsApp pada bagian paling belakang setelah URL api atau

2. WhatsApp Wizard

Cara Membuat Link WhatsApp

Metode berikutnya yang juga seringkali dijadikan pilihan untuk membuat WhatsApp link adalah melalui wa.wizard. Namun, Penggunaan metode ini tentulah harus lebih berhati-hati dalam penggunaannya.

Hal ini karena wa.wizard merupakan suatu website pihak ketiga yang harus diakses menggunakan browser. Nah, untuk mengetahui lebih jelas tentang bagaimana cara membuat link WhatsApp melalui WhatsApp Wizard maka, silahkan simak langkah berikut ini:

  • Langkah awal yang perlu dilakukan adalah membuka wizard terlebih dahulu melalui browser yang tersedia di ponsel maupun PC.
  • Nantinya akan muncul kotak dialog pada laman ini kemudian silahkan masukkan nomor WhatsApp yang ingin dibuatkan
  • Pada saat nomor akan dimasukkan dalam kotak dialog, pastikan juga bahwa kode negara untuk telepon sudah benar supaya WhatsApp bisa terdaftar.
  • Silahkan tuliskan pesan yang akan dikirimkan kepada orang lain secara otomatis setiap kali WhatsApp link
  • Pastikan bahwa nomor WhatsApp yang dicantumkan dan pesan yang dibuat telah tepat dan tidak ada kesalahan.
  • Apabila sudah maka, silahkan klik generate link untuk menyimpan setting yang telah dilakukan.
  • Nantinya akan muncul link dari WhatsApp yang telah dibuat.
  • Silahkan salin link tersebut pada website ataupun pada media sosial yang akan digunakan untuk membagikan informasi.

3. Membuat WhatsApp Link dengan CTA

Solusi berikutnya sebagai salah satu cara membuat WhatsApp link adalah melalui gambar. Nantinya WhatsApp link ini bisa digunakan untuk WordPress. Menggunakan gambar ini dimaksudkan bahwa link dibuat melalui CTA atau call to action.

Pembuatan WhatsApp link melalui CTA ini memiliki kelebihan pada banyaknya pilihan gambar yang bisa dipilih oleh pengguna. Nah, lalu bagaimana cara membuat  link WhatsApp melalui CTA ini? Berikut ulasannya:

  • Silakan buka menu setting yang ada di WordPress.
  • Langkah berikutnya klik add media.
  • Silahkan klik link kemudian tambahkan menu call to action yang telah dipilih sebelumnya.
  • Langkah berikutnya silahkan tempelkan link WhatsApp yang telah dibuat sebelumnya menggunakan cara manual maupun melalui
  • Jangan lupa untuk mengisi Alt pada
  • Silahkan klik add link sebagai tahap akhir.
  • Jangan lupa untuk cek terlebih dahulu link yang telah ditambahkan dalam gambar.

Nantinya gambar ini bisa digunakan sebagai satu informasi untuk pembaca di WordPress bila ingin melakukan kerjasama dengan pemilik website.

4. Membuat WhatsApp Link melalui Bitly

Cara Membuat Link WhatsApp

Cara membuat  link WhatsApp selanjutnya bisa dilakukan menggunakan WhatsApp Bitly. Penggunaan cara ini mengharuskan penggunanya menggunakan shortener untuk membuat link. Membuat WhatsApp link menggunakan Bitly ini bisa membuat link tampak lebih simpel.

Nantinya melalui shortener inilah link pada WhatsApp bisa menjadi lebih pendek. Tentunya dengan menggunakan Bitly ini nantinya link bisa di paste dengan lebih mudah. Lalu, bagaimana cara menggunakan situs ini untuk membuat WhatsApp link? Berikut langkah-langkahnya:

  • Hal pertama adalah search terlebih dahulu Bitly melalui
  • Apabila sudah maka, langkah berikutnya silahkan masukkan link WhatsApp yang sudah dibuat sebelumnya untuk kemudian link akan dipendekkan.
  • Nantinya hasil dari pemendekan link akan ditampilkan pada bagian bawah.
  • Silahkan salin link tersebut dan paste di media sosial untuk memberikan informasi WhatsApp link pada pembaca atau

Keuntungan Menggunakan WhatsApp Link

Seperti yang diketahui bahwa cara membuat  link WhatsApp ini berguna untuk memudahkan proses komunikasi antara penjual dan pembeli ataupun sebaliknya. Berbagai keuntungan lain yang bisa didapatkan pelaku bisnis melalui WhatsApp link inipun juga bisa terasa cukup signifikan.

Lalu, apa saja keuntungan lain bila menggunakan WhatsApp link? Simak 4 poin berikut ini:

1. Bisa Membantu Meningkatkan Penjualan

Keuntungan pertama yang bisa didapatkan oleh pelaku bisnis yang memilih menggunakan WhatsApp link sebagai media komunikasi adalah peningkatan penjualan. Hal ini bisa terjadi karena pada dasarnya WhatsApp link ini akan mempermudah customer menghubungi penjual.

Apalagi bila dalam WhatsApp link sudah diatur pesan tentang katalog dari produk yang dijual. Tentunya customer jadi lebih mudah untuk mengetahui apa saja yang bisa dibeli melalui pihak terkait. Hal ini pun berlaku juga bagi pelaku bisnis yang bergerak dalam bidang jasa.

2. Praktis

Adanya WhatsApp link ini adalah solusi praktis yang memang ditujukan untuk mempermudah proses komunikasi. Apabila biasanya customer harus mengetahui dahulu nomor WhatsApp penjual bila ingin memesan maka, pengecualian dengan WhatsApp link.

customer tidak perlu lagi bingung mencari tahu contact person penjual bila ingin melakukan pemesanan. Cukup dengan sekali klik maka, customer bisa langsung terhubung ke WhatsApp bisnis yang dibuat oleh pihak penjual.

3. Bisa Dijadikan Promosi Produk

Melalui WhatsApp link ini, pelaku bisnis juga bisa melakukan promosi atas produk yang dijual dengan lebih mudah. Pesan yang sudah diatur sedemikian rupa pada setiap pesan pertama yang muncul saat link di klik akan memberi tahu customer atas produk yang dijual.

Nantinya melalui WhatsApp link ini pelaku bisnis juga bisa melakukan promosi atas produk tersebut dengan lebih rinci kepada customer. Tentunya hal ini bisa jadi akan menjadi daya penambah pada pendapatan pelaku bisnis.

4. Bisa Lebih Terorganisir

Melalui adanya penggunaan WhatsApp link ini, pelaku bisnis tentu akan memiliki sistem pemasaran bisnis yang lebih terorganisir. Hal ini tentu akan lebih memudahkan pelaku bisnis dalam mempromosikan produk atau pun menerima pesanan.

Melalui adanya sistem pesan otomatis pada setiap klik pertama pada link pun juga akan membantu pelaku bisnis untuk menjelaskan produk. Pelaku bisnis tidak perlu melakukan chat panjang untuk memperkenalkan setiap produk yang dijual pada customer. Hal ini nantinya akan dilakukan otomatis oleh WhatsApp link sesuai pesan yang telah disetting sebelumnya.

Poin Penting Membuat WhatsApp Link

Bila melihat dari ulasan yang telah dibahas sebelumnya, tentu membuat WhatsApp link bisa dibilang merupakan suatu hal yang mudah dilakukan. Apalagi dengan tersedianya banyak platform yang diperuntukan sebagai cara membuat WhatsApp link.

Namun, ternyata tanpa sadar ada pula banyak kesalahan yang seringkali dilakukan oleh pelaku bisnis saat menjalankan cara membuat link WhatsApp. Apabila kesalahan dalam proses pembuatan link ini salah tentu WhatsApp link juga tidak dapat digunakan.

Kesalahan yang seringkali terjadi biasanya disebutkan oleh dua faktor utama. Namun, ketidak telitian dari pengguna adalah hal utama yang membuat kesalahan ini bisa terjadi. Nah, lalu apa saja kesalahan yang sering terjadi dalam pembuatan WhatsApp link? Berikut ulasannya:

1. Tidak Teliti dalam Penulisan Kode Maupun Simbol

Kesalahan yang seringkali terjadi pada saat pembuatan WhatsApp link adalah penulisan kode maupun simbol. Hal ini seringkali terjadi dan pada akhirnya membuat WhatsApp link tidak aktif sehingga tidak dapat digunakan.

Tentunya meneliti setiap kode yang ditetapkan serta simbol-simbol yang ada pada link adalah solusi yang perlu dilakukan. Pastikan bahwa setiap penulisan pada link sudah benar supaya WhatsApp link bisa aktif dan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan.

2. Pahami Terlebih Dahulu Aturan dalam Proses Pembuatan

Tidak telitinya dalam memahami aturan yang telah dicantumkan oleh setiap website yang digunakan sebagai cara membuat WhatsApp link juga bisa jadi merupakan kendala gagalnya link dibuat. Hal inilah yang kemudian perlu untuk perhatikan setiap aturannya.

Mulai dari proses memasukkan nomor atau bahwa menyalin link pun perlu diperhatikan supaya nantinya tidak terjadi kesalahan yang membuat link tidak aktif. Pastikan juga pada saat link selesai dibuat, bianyakan melakukan pengecekan pada link bersangkutan. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan bahwa link sudah aktif.

Nah, itulah tadi cara membuat  link WhatsApp dan 4 keuntungan yang bisa didapatkan bila menggunakan WhatsApp link untuk berbisnis. Sistem ini tentu akan mempermudah proses pemasaran dan pemesanan yang dilakukan customer. Namun, dalam setiap proses pembuatan WhatsApp link tentulah haruslah tetap memperhatikan aturan yang ditetapkan oleh website pihak ketiga yang digunakan. Hal ini perlu dilakukan supaya nantinya link bisa aktif dan dapat digunakan.

Baca Juga : GB Instagram

5/5 - (693 votes)

Leave a Comment