Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Dengan kemajuan teknologi, segala sesuatu memang sudah dimudahkan. Salah satu yang masuk dalam kemudahan karena teknologi adalah proses belanja.

Shopee adalah satu dari sekian banyak aplikasi belanja. Tidak hanya memesan, aplikasi ini juga menyediakan pembatalan. Cara membatalkan pesanan di Shopee terbagi menjadi beberapa metode.

Setiap metode akan berbeda. Selain mengenai cara pembatalannya, pengguna juga harus tahu mengenai jenis dan alasan-alasan dari pembatalan itu sendiri. Maka dari itu, pada penjabaran kali ini akan diberikan semua poin ini secara lengkap. Bagi yang penasaran bisa langsung mengamati pembahasan berikut ini:

Ketentuan Pembatalan Pesanan

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee
Meski cara membatalkan pesanan di Shopee ada beragam, namun tidak bisa langsung diterapkan begitu saja. Sebelum melakukannya, pastikan untuk mengetahui ketentuan yang berlaku untuk setiap pembatalan.

Dengan mengetahui poin ini, maka pengguna tidak perlu gegabah untuk melakukan pembatalan. Berikut diantaranya:

1. Tidak Bisa Memilih Satu dari Beberapa Produk yang Dikemas

Jika sedang melakukan pesanan dalam satu toko dengan barang yang berbeda-beda, maka cara membatalkan pesanan di Shopee tidak bisa diaplikasikan.

Apalagi jika produk sedang dalam tahap pengemasan. Maka proses pembatalan tidak bisa dilakukan. jika membatalkan satu produk saja, maka semua barang dari toko yang sama dalam satu pengemasan akan ikut dibatalkan.

2. Jika Belum Memilih Metode Pembayaran, Masih Bisa Dibatalkan

Apabila sudah melakukan pembelian namun masih dalam menu “Belum Bayar”, maka barang bisa dibatalkan. Dengan demikian, prosesnya akan lebih mudah lagi.

Hal ini dikarenakan proses pembayarannya masih belum dilakukan. Sehingga pengguna bisa memilih barang yang ingin dibatalkan meski dalam satu kemasan yang sama.

3. Hanya Bisa Melakukan Satu Kali Pembatalan

Untuk proses pembatalannya sendiri hanya bisa dilakukan satu kali. Lebih dari itu, pihak Shopee sudah tidak bisa memfasilitasinya.

Dengan demikian, pengguna harus bijak dalam memakai kelebihan Shopee yang bisa membatalkan pesanan ini. Jika dipakai tanpa pertimbangan, maka kesempatan pembatalan bisa hangus begitu saja.

Jenis Pembatalan

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee
Sebelum menerapkan cara membatalkan pesanan di Shopee, pengguna juga perlu tahu apa saja jenis pembatalan pesanan yang ada di masuk dalam jajarannya.

Sebenarnya, jenis pembatalan ini hanya ada tiga. Namun, setiap jenis memiliki jenis dan kelebihan tersendiri. Maka dari itu, untuk mengetahuinya haruslah menyimak beberapa hal ini:

1. Pembatalan Instan

Jenis yang pertama adalah pembatalan secara instan. Pada pembatalan ini, yang bisa melakukannya adalah pihak pembeli. Hal ini juga bisa dilakukan tanpa harus menunggu respon dari penjual.

Jika memencet tombol “Pembatalan”, maka secara otomatis sistem akan menguruskan dan meneruskannya menjadi barang yang dibatalkan untuk dibeli.

2. Pembatalan Non-Instan

Sedangkan untuk pembatalan non-instan tentu saja berbeda dengan pembatalan instan. Pada pembatalan ini, maka pembeli yang akan membatalkan pesanan harus menunggu respon dari penjual.

Lalu jika penjualnya tidak segera memberi respon, maka sistem akan melakukan pembatalan otomatis dalam kurun waktu 1 x 24 jam.

3. Pembatalan Otomatis

Pembatalan otomatis ini dilakukan oleh sistem. Biasanya, ada beberapa alasan yang melandasinya. Yaitu karena penjual tidak melakukan pengiriman di waktu yang sudah ditentukan dan penjual tidak masuk ke menu Shopee selama 7 hari.

Selain itu, pesanan yang tidak segera dikirim ke kurir dalam waktu yang sudah ditentukan juga akan dibatalkan secara otomatis.
Metode Pembatalan Pesanan

Cara membatalkan pesanan di Shopee ada bermacam-macam. Semua metode ini ada dan muncul berdasarkan keadaan yang sedang terjadi.

Penasaran bagaimana cara membatalkan pesanan yang ada di shopee? Simak beberapa metode ini kemudian terapkan atau praktikkan langsung untuk pesanan pribadi:

1. Membatalkan Pesanan COD

Dengan konsep COD, artinya pembeli akan melakukan pembayaran saat barang diantar oleh kurir ke alamat tujuan. Jika pembeli memakai metode ini, maka pembatalan masih bisa dilakukan dengan mudah.

Cara untuk membatalkan pesanan dengan metode COD bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah berikut ini:

  • Buka aplikasi Shopee yang ada di perangkat masing-masing.
  • Masuk ke bagian menu “Saya” yang ada di jajaran menu yang disediakan.
  • Pencet menu “Beli” untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.
  • Karena memakai metode COD, maka langsung saja menuju menu “Dikemas”untuk memilih barang yang akan dibatalkan pemesanannya.
  • Pilih salah satu barang yang akan dibatalkan lalu konfirmasi pembatalannya.

2. Membatalkan Pesanan yang Belum Dibayar

Jika melakukan pemesanan atau pembelian di Shopee dan belum melakukan pembayaran, maka pesanan tersebut bisa dibatalkan dengan mudah.

Proses untuk melakukan pembatalan ini tidaklah sulit. Pengguna Shopee hanya perlu menerapkan beberapa langkah yang diperlukan. Simak uraian langkahnya berikut ini:

  • Masuk ke aplikasi Shopee yang dipakai di perangkat.
  • Masuk saja ke menu “Saya” yang bisa dipilih di bagian bawah.
  • Karena belum melakukan pembayaran, maka langsung saja buka menu “Belum Bayar” yang ada dalam pilihan.
  • Pencet atau pilih barang yang akan dibatalkan.
  • Kemudian pencet tombol “Batalkan Pesanan” yang ada dalam halaman tersebut.
  • Lakukan konfirmasi pembatalan dengan memencet tombol “Ya”.
  • Dengan cara ini, pesanan akan otomatis dibatalkan oleh sistem.

3. Membatalkan Pesanan yang Sudah Dibayar

Meski sudah melakukan pembayaran, proses pembatalan masih bisa dilakukan.

Cara membatalkan pesanan di Shopee yang sudah dilunasi termasuk unik karena memanfaatkan uraian metode yang tergolong simple. Penasaran apa saja cara yang perlu dilakukan? Berikut adalah beberapa langkah yang harus diaplikasikan:

  • Pertama, buka aplikasi Shopee dan langsung masuk ke bagian menu “Saya” yang ada dalam perangkat.
  • Karena pesanan sudah dibayar, maka langsung saja menuju menu “Dikemas”.
    Pilih barang yang akan dibatalkan.
  • Pencet tombol “Batalkan Pesanan” dan lakukan konfirmasi dengan memencet tombol “Ya”.

4. Membatalkan Pesanan yang Sudah Dikirim

Lalu bagaimana jika barang sudah dikirim dan ingin dibatalkan? Maka hal ini tidak bisa direalisasikan.

Sebagai informasi tambahan, sistem Shopee tidak bisa mengizinkan pembatalan untuk pesanan yang sedang dalam masa pengiriman. Namun, ada opsi lain yang bisa dilakukan jika memang tidak cocok dengan barang yang terlanjur dibeli.

Opsi ini adalah dengan melakukan pengembalian barang kepada penjual. Pengembalian barang ini juga memiliki ketentuan-ketentuan tertentu.

Pertama, pastikan untuk menghubungi penjual. Kemudian, alasan yang bisa dipakai hanya karena barang yang cacat atau tidak sesuai dengan pilihan yang dipesan.

Alasan Pembatalan Pesanan


Selain cara membatalkan pesanan di Shopee, informasi mengenai alasan-alasan pembatalan juga diperlukan. Ada beberapa alasan yang diperbolehkan untuk melakukan pembatalan pesanan.

Setidaknya ada tujuh alasan yang bisa dipakai. Penasaran apa saja alasannya? Simak uraian berikut ini beserta penjabarannya:

1. Penjual Tidak Merespon

Terkadang, pembeli akan melakukan chat terlebih dahulu kepada penjual. Hal ini tidak jarang dilakukan setelah proses pemesanan dan pembayaran. Saat chat tidak direspon, maka penjual bisa diragukan kredibilitasnya.

Dengan demikian, pembeli bisa saja melakukan pembatalan pesanan barang yang sudah dibeli.

Maka dari itu, sebelum melakukan pemesanan tidak ada salahnya untuk mencoba menghubungi penjual melalui chat. Jika responnya cepat, maka penjual tersebut bisa dipercaya.

Namun jika tidak segera direspon, maka bisa mempertimbangkan ulang. Apakah harus meneruskan pemesanan atau mencari penjual lainnya saja.

2. Permintaan Penjual Langsung

Meski tidak sering, namun fenomena penjual meminta pembeli untuk melakukan pembatalan juga terjadi.

Hal ini dilandasi beberapa alasan. Terkadang, barang yang ada di penjual tidak tersedia dan lupa untuk meng-update informasi yang ada di Shopee.

Maka, proses pembatalan sangat diperlukan jika ketersediaan barang tidak memungkinkan.
Selain alasan ini, ada juga kemungkinan terjadi perselisihan antara penjual dan pembeli.

Tidak jarang pembeli meminta hal-hal yang tidak memungkinkan atau sulit untuk dipenuhi. Maka tidak jarang seorang penjual akan meminta pembelinya untuk melakukan pembatalan. Jika diminta untuk dibatalkan, lebih baik untuk melakukannya dan mencari penjual lain.

3. Pembeli Ingin Mengubah Rincian

Saat melakukan pesanan di Shopee, ada beberapa produk yang membutuhkan rincian penting dari pembeli agar penjual bisa menyiapkannya dengan baik.

Namun tidak jarang pula pembeli merasa ingin mengubah rincian yang sudah dibuat dan ingin membuat pesanan baru. Jika terjadi hal semacam ini, maka pembatalan harus dilakukan.

Namun tetap saja. Pastikan untuk melakukan pembatalan sebelum barang dikirim. Jika sudah dibatalkan, pastikan juga untuk membuat rincian baru yang benar.

Maka dari itu, ketelitian sangat diperlukan untuk pesanan Shopee yang semacam ini. Jika tidak teliti, maka proses akan sama dan masih perlu pembatalan ulang yang sudah tidak bisa dilakukan.

4. Produk Memiliki Ulasan Buruk

Terkadang, suatu barang akan terlihat sangat menarik baik dari segi harga maupun review-nya.

Namun, jika dalam masa pemesanan dan sebelum pengiriman banyak review buruk muncul, maka proses pembatalan bisa dilakukan. Alasan ini bisa dipakai karena jika diteruskan bisa jadi mengecewakan.

Hal seperti ini tergolong sering terjadi. Jadi, tidak ada salahnya untuk turin mengecek review barang yang dipesan sebelum barang dikirim.

Jika ditemui review semakin buruk, maka bisa dipertimbangkan ulang untuk melanjutkan proses pemesanannya. Hal ini juga termasuk untuk proses kehati-hatian sebelum barang benar-benar dikirim.

5. Penjual Membutuhkan Waktu Lama untuk Mengirim

Jika setelah melakukan pemesanan dan ternyata proses pengirimannya membutuhkan waktu yang lama, maka proses pembatalan juga bisa dilakukan.

Apalagi jika barang tersebut harus cepat-cepat datang, maka wajar untuk dibatalkan. Hal semacam ini tidak salah atau melanggar peraturan yang ada di Shopee.

Dalam deskripsi, biasanya sudah dijelaskan membutuhkan waktu berapa lama untuk proses pengirimannya.

Jika ternyata berubah menjadi terlalu lama karena beberapa hal, maka lakukan saja pembatalan. Pastikan juga untuk menginformasikan hal ini pada penjual terlebih dahulu agar jelas membutuhkan waktu berapa lama proses pengirimannya.

6. Penjual Mencurigakan

Permasalahan lainnya juga muncul dari penjual. Setelah proses pemesanan, tidak jarang insting terhadap penjual mulai muncul.

Jika dirasa penjual terlalu mencurigakan, maka proses pembatalan juga bisa dilakukan. Untuk mengetahui dari mana kecurigaan itu berasal, maka bisa langsung melihat unggahan dan detail lainnya.
Biasanya, pada hal-hal tersebut akan diketahui penjualnya sering melakukan hal-hal apa.

Dengan demikian, maka pembeli bisa segera mengambil keputusan apakah akan melanjutkan pemesanan atau akan membatalkannya saja. Untuk menghindari hal ini, pembeli harus lebih selektif sebelum memutuskan untuk memesan barang.

7. Pembeli Menemukan Harga yang Lebih Rendah

Persoalan harga memang selalu menjadi persoalan utama dan yang paling krusial. Jika setelah melakukan pemesanan malah menemukan produk sama dengan harga yang pas, maka tidak ada salahnya untuk melakukan pembatalan.

Dengan demikian, proses pemesanan ulang bisa dilakukan dengan harga yang lebih murah.
Sebenarnya, sebelum melakukan pemesanan harus dilakukan riset mendalam untuk tahu penjual mana yang memberi harga yang paling murah.

Sehingga pembeli tidak perlu gegabah melakukan pemesanan dengan harga yang lebih tinggi. Karena jika menemukan yang lebih murah, proses pembatalan akan sering dilakukan.

Itulah uraian mengenai cara membatalkan pesanan di Shopee beserta segala seluk-beluk yang menyertainya. Sebagai pembeli, harus lebih selektif dengan pikir panjang sebelum melakukan pemesanan barang.

Jika terlalu cepat tanpa mempertimbangkan banyak hal, maka bisa merasa kecewa jika barangnya tidak sesuai dengan keinginan.

Baca Juga : Cara Transfer Dana ke Shopeepay

5/5 - (693 votes)

Leave a Comment