Cara Download Video di Pinterest

Cara Download Video di Pinterest Salah satu media sosial yang masih bertahan hingga sekarang yaitu Pinterest, ternyata masih belum kehilangan pesonanya. Bahkan aplikasi ini terus berbenah demi kenyamanan penggunaannya untuk mencari inspirasi dari berbagai konten media yang ada disana. Pengguna juga bebas mengunduh gambar yang mereka sukai, namun tidak sama halnya dengan video. Lalu bagaimana cara download video di Pinterest? Simak ulasan berikut ini:

Mengapa Orang Cari Video di Pinterest

Cara Download Video di Pinterest

Dalam aplikasi Pinterest orang bebas sesuka hati untuk menempatkan karya yang mereka sukai dalam albumnya atau bisa disebut dengan pin. Isi dari album tersebut berguna untuk memudahkan pengguna mencari apa yang mereka sukai tanpa harus mencarinya kembali ke internet. Selain itu ada beberapa alasan mengapa orang mencari video di Pinterest seperti berikut:

1. Mudah Digunakan

Dari segi user interface, aplikasi Pinterest cukup mudah dipahami oleh orang awam yang baru memakainya sekalipun. Saat membuka aplikasi, pengguna akan langsung disuguhkan dengan deretan gambar yang direkomendasikan sesuai dengan minat pengguna yang diisi saat mendaftar.

Selain itu, kemudahan lain akan ditemukan pada kolom pencarian. Pengguna bisa menggunakan 2 jenis pencarian yaitu pencarian melalui kata, dan pencarian melalui gambar. Setelah dicari akan muncul berbagai gambar yang relevan dari berbagai akun Pinterest lainnya yang telah berbagi.

2. Ringan

Bisa dibilang jika Pinterest merupakan aplikasi yang ringan jika dibandingkan dengan media sosial lain seperti facebook dan instagram. Ukuran dari aplikasi Pinterest hanya sebesar 14 MB saja, dengan ukuran sekecil itu mampu memenuhi kebutuhan penggunanya dengan cukup baik.

Meski begitu, tetap saja pengguna akan merasa sesuatu yang kurang dari aplikasi tersebut. Salah satunya adalah kurangnya interaksi antar pengguna, karena pengguna hanya bisa bertukar pesan dalam aplikasi tersebut. Selain itu Pinterest juga tidak menyediakan fitur download video, sehingga pengguna perlu mencari cara download video di Pinterest sendiri

3. Rekomendasi Sesuai

Cara Download Video di Pinterest

Enaknya menjelajah di Pinterest adalah apa yang ada beranda pengguna adalah rekomendasi yang sesuai dengan minat pengguna. Pada saat pengguna mendaftar di Pinterest, mereka akan dipersilahkan untuk memilih apa yang ingin mereka lihat dari konten yang ada di Pinterest.

Jadi sebaiknya jangan melewatkan bagian untuk mengisi minat tersebut agar isi benda bisa lebih sesuai dengan yang diinginkan. Selain itu, saat melihat suatu konten jika pengguna melakukan scroll kebawah akan menemukan konten yang serupa bahkan mirip.

4. Sumber Inspirasi

Dengan jumlah pengguna yang besar, Pinterest bisa menjadi sumber ladang inspirasi bagi pembuat karya. Pinterest menjadi peringkat 6 sosial media dengan jumlah pengguna tertinggi di dunia saat ini. Para pengguna di Pinterest lebih menggunakan sosial media ini untuk berbagi produk, rencana dan aspirasinya ketimbang hanya untuk pamer semata.

Inilah kenapa dalam Pinterest seseorang bisa menemukan inspirasi yang ingin dicarinya.

Bandingkan saja dengan instagram, meskipun sama-sama berbagi gambar, namun tujuan kedua aplikasi ini terasa berbeda. Pengguna lebih bertujuan membesarkan followers mereka untuk tujuan komersial dibandingkan berbagi momen atau karya. Inilah yang menyebabkan aplikasi lain merasa iri dengan Pinterest yang tujuannya lebih jelas.

5. Hemat Data

Berbicara soal penggunaan data, Pinterest ini cukup bisa diunggulkan karena bisa lebih hemat daripada pesaingnya. Berselancar di Pinterest dalam beberapa jam tidak akan sama borosnya jika seseorang berselancar di sosial media lain. Padahal isi dari aplikasi ini hampir seluruhnya berupa konten media seperti gambar dan video.

Pengguna tidak perlu khawatir akan kehabisan paket datanya saat berselancar pada aplikasi ini karena video tidak akan tersimpan dalam device. Namun jika ingin menyimpan video, pengguna akan menggunakan cara download video di Pinterest dari luar aplikasi.

Cara Download Video di Pinterest Lewat Website

Dalam aplikasi Pinterest, pengguna bebas untuk mengunduh berbagai media yang dilihatnya jika dalam bentuk gambar. Namun berbeda untuk media berbentuk video, Pinterest tidak memberikan fitur untuk download video di Pinterest. Sehingga pengguna perlu mengunduh sendiri secara manual yaitu bisa menggunakan beberapa cara yang ada berikut ini:

1. Menggunakan Catch Tube

Cara download video di Pinterest melalui website yang pertama bisa dengan menggunakan Catch Tube. Website Catch Tube merupakan suatu platform penyedia layanan download untuk berbagai sosial media seperti YouTube, Instagram, termasuk dengan Pinterest. Layanan web ini gratis dan bisa digunakan oleh siapa saja. Berikut adalah cara penggunaannya:

  • Akses video yang ingin di download dari Pinterest
  • Temukan link dari video tersebut
  • Jika sudah dapat link, langsung saja akses dari catch.tube dan paste link yang ada
  • Untuk menemukan tombol download klik pilihan catch video
  • Pilih resolusi dan format video yang diinginkan
  • Download akan mulai secara otomatis
  • Tunggu sampai selesai

2. Mengakses Pinterest Video Downloader

 

Cara Download Video di Pinterest

Berbeda dengan web sebelumnya, pada web yang satu ini pengguna tidak diberikan jenis dan size video yang diinginkan. saat melakukan download, pengguna akan mendapatkan video secara langsung tanpa memilih resolusi dan jenis video sehingga bisa lebih mudah bagi yang kurang mengerti dengan jenis-jenis file;

Copy link dari video Pinterest yang diinginkan

  • Masuk ke link Pinterest video downloader, bisa dicari sendiri di google
  • masukan link yang sudah di salin sebelumnya
  • klik tombol download yang benar
  • download akan mulai dengan sendirinya

3. Expert PHP

Cara Download Video di Pinterest

Meskipun tidak terlihat seperti website untuk download video, nyatanya isi dari website ini berbanding terbalik. Meski terdengar seperti website untuk programer atau web desainer, namun dalam web ini pengguna juga bisa mengunduh video dari Pinterest. Caranya juga cukup mudah dilakukan seperti berikut:

  • Salin link video Pinterest yang diinginkan untuk diunduh
  • Buka web expert PHP dari browser apa saja
  • masukkan link yang sudah dimiliki sebelumnya
  • Klik tombol download dan tunggu saja sampai unduhan selesai

Aplikasi untuk Download Video Pinterest

Sebagai alternatif yang bisa memudahkan, ada juga beberapa aplikasi yang bisa dipakai menjadi cara download video di Pinterest. Deretan aplikasi yang disebutkan ini bukanlah aplikasi yang bekerja sama dengan Pinterest tapi murni aplikasi pihak ketiga. Sehingga pengguna harus mengunduh lagi aplikasi yang diinginkan.

1. Telegram

Telegram dikenal sebagai salah satu media sosial yang serba guna. Selain hanya bisa berkirim pesan, aplikasi chatting ini juga bisa digunakan untuk mengunduh berbagai konten yang diinginkan. Kebebasan ini bisa terjadi lantaran telegram mempersilahkan pengguna untuk mengupload video dengan maksimal kapasitas sebesar 1.5 GB, ini jauh lebih tinggi daripada Whatsapp yang hanya sekian ratus MB saja.

Dalam aplikasi telegram ini juga tersedia banyak bot yang bisa digunakan oleh banyak pengguna sekaligus. Bot-bot ini memiliki fungsi yang beragam, dan salah satunya adalah bisa menjadi cara download video dari Pinterest. Pengguna hanya tinggal menempelkan link yang diinginkan pada chat bot telegram dan file bisa dengan mudah diunduh.

2. Video Downloader For Pinterest

Pada Google Play Store, pengguna dapat menemukan banyak aplikasi pengunduh video dari Pinterest bertebaran dengan nama yang mirip. Salah satunya adalah aplikasi bernama Video Downloader For Pinterest dengan ukuran 10 MB saja yang termasuk kecil untuk zaman sekarang.

Dalam aplikasi tersebut pengguna bisa mengunduh video yang diinginkan dari Pinterest dengan hanya bermodalkan link saja. Bahkan semua video yang pernah di download sebelumnya bisa dilihat kembali riwayatnya sehingga akan sangat membantu jika pengguna lupa.

3. Save Pins

Masih dengan aplikasi yang serupa, download video Pinterest dengan aplikasi ini juga sangat praktis. Kelebihan lainnya, pengguna bisa langsung membagikan video yang berhasil di download pada media sosial lain jika dibutuhkan. Ini akan memudahkan bagi orang yang senang berbagi video dengan orang lain.

Aplikasi ini berukuran lebih kecil lagi di sekitar 3 MB saja dengan jumlah unduhan lebih dari 100 ribu pengguna. Selain Video, aplikasi ini juga bisa mengunduh konten lain dari Pinterest seperti gambar dan juga GIF. Pastinya ini akan memudahkan pengguna Pinterest

4. Internet Download Manager

Aplikasi untuk mengunduh video dari Pinterest selanjutnya adalah Internet Download Manager. Biasa dikenal dengan IDM, aplikasi ini diperuntukkan bagi pengguna desktop windows untuk mengunduh konten dari Pinterest. Cara ini juga cukup mudah karena pengguna hanya perlu mengakses video yang diinginkan lewat web Pinterest saja tanpa perlu membuka IDM.

Aplikasi IDM secara otomatis dapat memberikan rekomendasi ukuran file dan jenis file untuk mengunduh video yang diinginkan. Jika tidak muncul secara otomatis, pengguna hanya perlu menekan tombol klik kiri untuk memunculkan pilihan lainnya. Ini menjadi salah satu cara download video di Pinterest yang praktis bagi pengguna Windows. Namun, aplikasi IDM ini berbayar sehingga pengguna harus memiliki lisensi terlebih dahulu.

Apa yang sering Orang Download dari Pinterest

Mengapa Pinterest bisa bertahan hingga sekarang? Tentunya ada beberapa alasan yang mendasari hal tersebut. Salah satunya adalah segmen pengguna tertentu yang lebih menyukai Pinterest demi alasan pekerjaan. Dengan Pinterest orang bisa menemukan inspirasi yang mereka cari dengan mudah seperti beberapa jenis konten video berikut:

1. Tren Terbaru

Sebagai media sosial, Pinterest digunakan oleh para penggunanya untuk membagikan apa saja tren, produk, dan desain terkini yang sedang panas saat ini. Dalam dunia profesional, menjadi yang terkini adalah suatu keharusan guna menunjang pekerjaannya agar selalu menjadi yang didepan.

Banyak orang yang membagikan konsep-konsep menarik dan desain yang mengagumkan di Pinterest. Melalui ini orang lain bisa memiliki gambaran tentang apa yang diminatinya serta menjadi prospek kedepannya.

2. Video Promosi

Aplikasi Pinterest dianggap sebagai media promosi yang baik guna mempromosikan karya atau produk baik itu barang atau jasa yang dimiliki. Apalagi ketika memiliki jumlah engagement yang tinggi, bisa membuat produk seseorang menjadi terkenal. Banyak konten promosi yang bisa ditemukan di aplikasi Pinterest ini yang bahkan dijadikan referensi bagi para kreatif di bidang periklanan.

3. Video Tutorial

Meskipun bukan sebagai fungsi yang utama, namun ternyata banyak orang yang membagikan video tutorial disini. Jenis konten seperti ini tentu bisa dijadikan sebagai alternatif inspirasi bagi para pelaku usaha atau untuk profesional di bidang pengembangan produk.

Pinterest dapat menjadi sumber inspirasi dengan beragam konten seperti DIY, bagaimana cara desain produk, membuat konsep dan sebagainya. Semua bisa ditemukan jika teliti dalam mencarinya.

Demikian serangkaian penjelasan mengenai Pinterest dan bagaimana cara download video di Pinterest. Sebagai salah satu media sosial media yang besar saat ini, Pinterest bisa memenuhi kebutuhan konten berbasis visual baik itu gambar maupun video dengan baik. Namun untuk konten video, pengguna harus menggunakan media lain untuk menyimpan video dari Pinterest

Baca Juga : Lagu Viral Tiktok 2021

5/5 - (371 votes)

Leave a Comment