Aplikasi Baca Novel Gratis

Aplikasi Baca Novel Gratis Menikmati ‘me time’ sambil baca novel gratis, bisa menjadi pilihan aktivitas yang menyenangkan. Selain membuat rileks, membaca bisa memunculkan banyak inspirasi dan imajinasi, terutama bagi para penulis. Saat ini, sudah banyak aplikasi yang menawarkan tautan untuk membaca novel gratis, yang bisa di-download dengan cepat di perangkat berbasis Android atau iOS.

13 Aplikasi Baca Novel Gratis yang Populer dan Mudah Diakses

1. iPusnas

Aplikasi Baca Novel Gratis

Upaya pemerintah mendukung dan meningkatkan minat baca, terlihat dari pengembangan aplikasi milik Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Aplikasi ini bernama iPusnas, yang dikembangkan bersama dengan Aksaramaya untuk memudahkan masyarakat mengakses buku-buku koleksi perpustakaan pemerintah ini.

Mengunjungi perpustakaan sekarang bisa dilakukan setiap saat dari manapun. Tanpa lagi perlu bingung berkunjung ke kota atau daerah tertentu hanya untuk mencari lokasi perpustakaan dan baca novel gratis. Tentu saja, karena semuanya sekarang bisa diakses di dalam genggaman.

Bukan hanya secara online, pengunjung perpustakaan digital ini bisa juga melakukan unduhan buku untuk dibaca secara offline. Koleksi perpustakaan mulai dari novel, kumpulan cerpen, buku non fiksi, sampai ke buku pelajaran.

2. Gramedia Digital

Semua orang tentu kenal dengan nama toko buku ternama ini. Sekarang, aksesnya diperluas dengan pengembangan aplikasi bernama Gramedia Digital. Bukan sekadar untuk baca novel gratis, aplikasi yang bisa diunduh di smartphone ini juga memungkinkan pengunjung membaca buku kuliah, majalah, bahkan koran.

Sesuai dengan pengembangannya, Gramedia Digital dibuat untuk memberikan gambaran umum atau referensi buku-buku recommended untuk dibeli. Selanjutnya, pengunjung bisa membeli buku-buku menarik tersebut dalam bentuk E-book melalui aplikasi ini, atau mencarinya di toko buku Gramedia terdekat.

3. Aplikasi Baca Novel Gratis, Gramedia Writing Project

Masih dari grup Gramedia, bagi para penulis novel yang ingin membagikan karyanya kepada khalayak, ada Gramedia Writing Project. Jika karya diunggah di sini, maka siapapun akan bisa baca novel gratis, sekaligus mengapresiasi tulisan yang diunggah.

Anggota yang tergabung di GWP ini juga bisa saling berkomentar dan memberi kritik serta saran pada novel yang ditulis. Selanjutnya, karya-karya tersebut bukan tidak mungkin akan dilirik juga oleh penerbit dan diterbitkan dalam versi cetak.

4. Wattpad: Read and Write Stories

Aplikasi Baca Novel Gratis

Para penulis novel dan penggemar platform online pasti mengenal aplikasi ini. Wattpad dikenal sebagai salah satu platform menulis novel yang terbilang laris di Indonesia. Selain untuk mengunggah novel, tentu saja siapapun bisa baca novel gratis di platform ini. Sudah jutaan orang memakai Wattpad di gadget-nya, dari berbagai kalangan dan rentang usia.

Banyak sekali genre novel yang bisa ditulis, ditampilkan, dan dibaca di sini. Mulai dari novel romance, horor, misteri, fantasi, dan sebagainya. Banyak sekali karya yang sudah dimuat, bahkan dilirik oleh penerbit mayor untuk dipopulerkan dalam versi cetak dan menjadi best seller.

Tidak hanya novel dalam Bahasa Indonesia, aplikasi ini juga mengunggah beberapa karya yang ditulis menggunakan Bahasa Inggris. Kisah-kisah menarik dan inspiratif bisa menjadi ide yang cemerlang serta imajinatif, terutama bagi para penulis yang sedang ingin mengembangkan ide-ide ceritanya.

Tentu akan seru berjumpa dengan ratusan juta pengguna Wattpad. Selain secara online, novel-novel di sini bisa dengan mudah diunduh untuk dibaca secara offline. Silahkan cari aplikasinya di smartphone dan segera nikmati baca novel gratis lewat Wattpad.

5. Aplikasi Baca Novel Gratis, Google Play Books

Perusahaan digital ternama Google semakin memperluas pelayanan untuk kebutuhan konsumen, bukan hanya dengan artikel non fiksi di Google Scholar, tetapi juga Google Play Books bagi para pencari buku. Aplikasi ini akan menawarkan pengunjung agar bisa membaca E-book yang sudah diunggah hingga lebih dari 5 juta judul buku.

Menggunakan aplikasi ini, pengunjung bisa memilih berbagai buku seperti novel yang populer dan inspiratif. Tentu akan sangat menarik bisa baca novel gratis hanya dengan modal HP. Pembaca kini tak perlu meluangkan waktu untuk membaca di toko buku.

Pengunjung Google Play Books hanya memerlukan akses internet agar bisa membaca buku-buku di sini. Tidak ada pilihan untuk membaca offline, ditambah lagi ada novel-novel yang tetap berbayar, namun demikian harga yang ditawarkan masih terjangkau. Bagi yang ingin mencoba mencari koleksi novel dengan berbagai genre, bisa mencoba mengunduh aplikasi ini di gadget.

6. NovelMe

Aplikasi berikutnya adalah NovelMe. Penggunanya tercatat sudah mencapai jutaan orang. Tentu saja, karena selain bisa mengunggah dan membaca novel, aplikasi ini juga memberikan akses monetisasi bagi novel yang diunggah.

Penulis dapat menyuguhkan cerita demi cerita dan mengatur berapa harga yang harus dibayar oleh pengunjung yang penasaran dengan ceritanya. Tak sedikit novel hasil unggahan aplikasi ini yang menjadi best seller dan populer di pasaran.

Tak hanya itu, aplikasi ini menjadi semakin populer karena terbilang sering mengadakan lomba dan giveaway. Alhasil, penggunanya semakin bersemangat mengunggah karya-karya terbaiknya. Bukan hanya sebagai pencapaian dan dinikmati pembaca, tetapi juga menjadi karya yang dilombakan.

7. Storial.co

Aplikasi baca novel gratis yang juga tak kalah populer adalah Storial.co, yang menyuguhkan novel berbagai genre. Banyak genre populer yang bisa dinikmati seperti romance, fantasy, mystery, horror, atau juga comedy. Bukan hanya itu, aplikasi ini juga memiliki koleksi buku puisi.

Menariknya dari aplikasi ini adalah, pembaca bisa secara langsung terhubung dengan penulisnya. Pembaca bahkan bisa mengambil kutipan dari tulisan-tulisan yang dibuat dan dibagikan ke media sosial. Tak berhenti di sana, aplikasi ini juga memiliki fitur audiobook. Dengan demikian, pembaca bisa menikmati karya novel lewat audio.

8. NovelPlus

Aplikasi Baca Novel Gratis

Para pengguna smartphone juga bisa mengakses dan mengunduh aplikasi NovelPlus di perangkat Android, iOS, atau Windows untuk menikmati baca novel gratis. Berbagai genre bisa dinikmati di sini, sekaligus juga bisa berinteraksi dengan sesama penggemar novel di seluruh nusantara.

Seperti aplikasi menulis yang lain, NovelPlus juga memberikan kesempatan kepada penulis untuk menerbitkan karya novelnya di platform ini. Bahkan, tulisan yang menarik bukan tidak mungkin akan direkomendasikan oleh editor sehingga bisa mendapat lebih banyak pembaca.

Selain membaca, ada juga fitur yang disediakan oleh NovelPlus untuk berdiskusi, memberikan kritik dan saran terkait novel yang diunggah. Pembaca juga bisa berinteraksi langsung dengan penulisnya. Tentu saja aplikasi ini menambah panjang daftar kemudahan untuk menikmati bacaan berkualitas secara gratis.

9. Aplikasi Baca Novel Gratis, NovelToon

Aplikasi Baca Novel Gratis

Dari namanya sudah terlihat bahwa aplikasi ini akan memberikan akses kepada pembaca untuk baca novel gratis. Mulai dari genre komedi, fantasi, roman, hingga horror, bisa dinikmati dengan mudah menggunakan NovelToon.

Kisah-kisah yang diunggah pun sangat menarik. Ada kisah perjalanan yang menjadi sebuah bacaan yang tidak membosankan. Ada juga karya roman yang membuat hati pembacanya semakin meleleh dalam setiap lembarnya. Belum lagi karya thriller dan horror yang mencekam, seolah menghantui pembaca dari pintu dan jendela kamarnya.

Pembaca pun bisa sangat aktif memberikan kritik dan saran bagi penulis. Dengan jutaan pengguna yang sudah mengunduhnya di Play Store, NovelToon bisa menjadi salah satu aplikasi yang menyenangkan bagi para penggemar buku di kala senggang.

Bukan itu saja, para penulis cerita fiksi seperti novel juga bisa menggunakan aplikasi ini sebagai cara mencari inspirasi. Selain menggunakannya untuk mengunggah karya, ada juga kesempatan untuk menambah penghasilan jika karya yang diunggah berhasil menarik lebih banyak pembaca.

10. GoodNovel

Satu lagi tempat membaca novel online gratis yang menyediakan berbagai genre. Bagi yang ingin menjadi penulis novel, aplikasi ini bisa menjadi langkah awal untuk berkarya dan menjadi populer sebagai novelis.

Melihat pengunduh yang mencapai angka 1 juta di Play Store, tentu menempatkan aplikasi ini sebagai salah satu rekomendasi untuk baca novel gratis. Ternyata, memang banyak karya-karya menarik yang bisa diakses di GoodNovel ini sepuasnya, tanpa harus membelinya dalam bentuk cetak.

Meski demikian, untuk menghargai karya penulis, aplikasi ini akan membatasi bacaan novel yang bisa diakses. Pada beberapa bab tertentu, pembaca diharapkan membayar karya novel yang akan diunduh agar bisa dilanjutkan membaca. Hal ini agar GoodNovel bisa mengapresiasi penulis dengan sejumlah uang, sehingga dapat terus membuahkan karya.

11. Aplikasi Baca Novel Gratis, WebNovel

Aplikasi Baca Novel Gratis

Berikutnya masih ada WebNovel yang bisa diunduh oleh pembaca yang ingin menikmati novel gratis. Beragam genre lengkap ada di aplikasi ini, sehingga tidak akan bosan dengan cerita yang itu-itu saja. Bukan hanya itu, aplikasi ini juga selalu menayangkan update novel terbarunya untuk dinikmati pembaca.

Selain untuk menikmati bacaan, para pengguna WebNovel juga memiliki komunitas yang sangat aktif dan dinamis. Di dalamnya,akan ada diskusi menarik dan juga berbagai ide, kritik, dan saran terkait karya yang sudah diunggah di WebNovel. Bagi yang ingin menjadi seorang novelis dan memiliki banyak followers, aplikasi ini bisa dicoba sebagai langkah untuk mengunggah karya.

12. Amazon Kindle

Popularitas Amazon Kindle tak perlu ditanya lagi di tengah para penggemar novel dan buku populer. Ada ribuan judul buku yang bisa dinikmati hanya dengan menggenggam smartphone. Bukan hanya yang terbaru, bahkan novel-novel karya sastra klasik pun bisa diakses di sini secara gratis.

Tak berhenti di sana, kemudahan aplikasi ini juga membuat para pembacanya semakin mudah meminjam buku dari perpustakaan terdekat. Aplikasi ini sudah terkoneksi dengan beberapa perpustakaan, sehingga pembaca bisa dengan cepat meminjam buku tanpa harus mengantre dan repot mencarinya di antara tumpukan koleksi buku yang lain.

13. Innovel

Bagi para penggemar novel roman yang selalu membuat baper dan meleleh dengan kata-kata romantis, maka aplikasi Innovel adalah pilihan yang tepat untuk baca novel gratis dengan tema tersebut. Aplikasi ini memang secara spesifik mengunggah karya roman, chicklit, atau novel dengan tema percintaan bertokoh vampir seperti Twilight yang sangat populer.

Selalu ada update cerita setiap harinya, sehingga pembaca tidak akan bosan dengan kisah yang kaku dan tidak berkembang. Apalagi, novel ini bisa dinikmati secara online maupun offline. Tema-tema tentang pernikahan, keluarga kerajaan, atau perselingkuhan dengan miliarder, menjadi kisah yang menggemaskan dan ditunggu untuk dibaca.

Beberapa aplikasi yang ada di perangkat Android atau iOS untuk baca novel gratis, tidak semuanya memberikan full akses gratis untuk karya-karyanya. Beberapa membatas hingga beberapa bab, dan hal tersebut wajar karena penulis juga membutuhkan apresiasi terhadap karyanya. Namun demikian, semua karya yang diunggah di aplikasi tersebut tentu berkualitas dan recommended.

Baca Juga : Cara Download Video di Pinterest

5/5 - (371 votes)

Leave a Comment